Pariwara
Wakatobi

PAD DPM-PTSP Wakatobi Capai 167 Persen

La Aliwangi

KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras dan upaya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP) Kabupaten Wakatobi selama sembilan bulan, tidak sia-sia. Sosialisasi yang sering dilakukan dengan melibatkan masyarakat dalam pengurusan izin usaha, berbuah manis. Belum genap setahun, pendapatan asli daerah (PAD) lembaga yang dipimpin La Aliwangi tersebut telah melampaui target.

September 2018 ini, DPM-PTSP Wakatobi telah menyumbang PAD sebesar Rp 385 juta lebih. Sehingga, total sejak Januari hingga minggu pertama September, realisasi PAD mencapai Rp 644 juta. Dipastikan, pendapatan tersebut akan terus meningkat dalam sisa waktu tiga bulan ke depan. Kepala DPM-PTSP Wakatobi, La Aliwangi, menjelaskan, ada enam jenis izin yang masuk dalam target PAD tahun ini. Mulai dari izin mendirikan bangunan (IMB), SITU/MB, HO/SITU Pribadi, HO/SITU badan, perikanan pribadi dan perikanan badan.

“Alhamdulillah kita sudah melebihi target PAD tahun ini. Realisasi PAD kita bahkan telah mencapai 167 persen,” ujarnya, awal pekan ini. Ia menambahkan untuk SITU MB yang tidak memiliki target tahun ini, izin realisasinya sebanyak 10 dengan nilai Rp 350 juta. Sementara HO/SITU pribadi target tahun 2018 Rp 115 juta dan kini terealisasi Rp 57 juta lebih.

“Kalau IMB dari target 200 dengan target PAD Rp 189 juta kini telah terealisasi sebanyak 130 dengan nilai PAD Rp 89 juta lebih. Kita berharap proyeksi ini masih bisa kita capai,” tambahnya. Di lain sisi untuk izin jenis HO/SITU badan, target 50 izin tahun ini dengan realisasi PAD Rp 72 juta, sudah terlampaui. Pasalnya, izin terelasiasi mencapai 142 izin dengan nilai PAD sebesar Rp 103 juta lebih.

“Izin perikanan pribadi tidak ada target tahun ini dan terelasiasi sebanyak tiga dengan nilai PAD sebesar Rp 4,5 juta. Begitu juga dengan izin perikanan badan telah terelasiasi sebanyak empat izin dengan nilai PAD Rp 40 juta,” tambah Aliwangi. Ia mengakui, kesadaran masyarakat baik bangunan milik pribadi hingga pengusaha mulai meningkat. Pihaknya berharap dengan adanya peningkatan tersebut, semakin menambah pundi-pundi PAD Wakatobi melalui bidang perizinan. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top