Pariwara
Politik

DCT DPRD Sultra Mulai Disusun

Iwan Rompo

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pencalonan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Sultra Pemilu 2019 telah masuk tahap akhir. Setelah melalui masa tanggapan dan klarifikasi, proses pencalonannya kini memasuki penyusunan daftar calon tetap (DCT).

“Karena tidak akan yang menanggapi, maka daftar calon sementara (DCS) ini akan disusun menjadi DCT. Namun khusus Bacaleg yang masih berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan pindah parpol (Parpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra tetap menunggu surat keputusan (SK) pemberhentian,” kata Iwan Rompo Banne Komisioner KPU Sultra Selasa (11/9).

Koordinator Divisi Teknis ini mengingatkan agar Bacaleg segera melengkapi berkas persyaratannya. Untuk ditetapkan dalam DCT, semua syarat dilengkapi termasuk SK pemberhentian. Sesuai tahapan, penyerahannya paling lambat sehari sebelum penetapan DCT atau tanggal 19 September.

Selain SK pemberhentian sambung dosen nonaktif Universitas Halu Oleo (UHO) ini, pihaknya juga masih menunggu adanya pergantian Bacaleg. Masa pergantiannya telah dibuka sejak tanggal 4 September dan akan berakhir hari ini. Bila semuanya tuntas, makan penyelenggara tinggal melakukan pleno penetapan DCT.

Pada Pemilu 2019, hanya 15 Parpol yang akan bersaing merebut 45 kursi DPRD Sultra. PKPI dipastikan tidak berkompetisi lantaran tidak mengajukan Bacalegnya. Hanya saja, tidak semua kuota Bacaleg terisi. PSI misalnya, hanya menempatkan Bacalegnya di daerah pemilihan (Dapil) III dan VI. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top