Pariwara
Edukasi

929 Maba Bidikmisi UHO Ikut Orientasi

Agus Setiawan/Kendari Pos
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., saat membuka orientasi mahasiswa baru bidikmisi UHO tahun 2018 yang berlangsung di Auditorium Mokodompit UHO, Selasa (11/9).

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 929 mahasiswa baru (Maba) bidikmisi Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2018 mengikuti orientasi yang akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 11-12 September 2018 di Auditorium Mokodompit Kampus Hijau tersebut. Kepala Pengelola Bidikmisi UHO, Pendais Haq, S. Ag., M.Pd mengatakan, orientasi Maba bidikmisi dimaksudkan untuk memberikan gambaran, sugesti dan tambahan kekuatan melaluli materi yang akan diberikan oleh panitia kepada Maba bidikmisi, juga diberikan sosialisasi terkait sistem akademik yang berlaku di UHO.

“Maba ini harus kita isi atau berikan doktrin positif sejak awal, agar mereka bisa kuat dan tahan dari segi intelek dalam menghadapi pengaruh dari luar,” ujarnya, Selasa (11/9). Lanjut Pendais, dalam orientasi ini, mereka akan dipandu langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO Dr. Nur Arafah terkait sistem pengembangan kemahasiswaan. Selain itu, pengelola bidikmisi juga memberikan kesempatan kepada beberapa lembaga kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mulai dari Mahacala, Resimen Mahasiswa dan masih banyak lagi.

“Maba akan diberikan gambaran tentang peran masing-masing lembaga ini terhadap pengembangan kemahasiswaan, pengembangan akademik, serta pengembangan bakat dan minat,” tuturnya. Lanjut dia, melalui orientasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, Maba bisa paham dan mengetahui peran mereka sebagai mahasiswa di UHO, karena ini merupakan langkah awal mereka masuk di UHO. Ketika mereka mengetahui bagaimana cara mengembangkan diri dan tahu aturan yang berlaku di UHO, meraka bisa menjadi mahasiswa ideal atau mahasiswa sesuai harapan.

“Mereka harus selesai sesuai tepat waktu, maksimal 4 tahun selesai minimal dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang memadai yaitu minimal 3,0 pada saat wisuda nanti,” tukas Pendais. Ia menambahkan, Maba bidikmisi UHO tahun 2018 sebanyak 929 orang. Jumlah lebih sedikiti dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 1.300 orang, “Meski ada penurunan, kami berharap kedepan ada tambahan kuota dari Kemenristek Dikti. Total keseluruhan mahasiswa bidikmisi UHO yang kami bina mulai dari angkatan 2015 sampai dengan 2018 sebanyak kurang lebih 7200 orang,” ungkap Pendais.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., mengatakan, orientasi adalah kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. “Melalui orientasi ini, mereka harus mengetahui hak dan kewajiban mereka sebagai penerima bantuan pemerintah. Jangan ada yang main-main, sebab jika mereka tidak serius kami sudah siapkan pengganti,” imbuhnya.

Prof. Zamrun berharap, setelap pelaksanaan orientasi ini, Maba bidikmisi wajib mengetahui posisi mereka sebagai mahasiswa bidikmisi sehingga bisa menjadi contoh dan tauladan bagi mahasiswa lain baik dari segi prestasi maupun dari segi karakter. “Semoga program bidikmisi bisa melahirkan generasi yang berkarakter, religius dan berbudaya akademik,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top