Pariwara
Nasional

Umar Arsal: Alumni Pesantren Bisa Jadi Pemimpin Hebat

MILAD: Anggota DPR RI, Umar Arsal (baju putih) mendampingi Asisten III Setkot Baubau, Armin melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya pelaksanaan pentas seni dalam rangka milad ke-25 Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid, Minggu (9/9). Foto: Akhirman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Alumni pesantren bisa menjadi pemimpin hebat. Mereka sudah punya modal berupa budi pekerti dan pemahaman agama yang baik. Tinggal bagaimana membina mental mereka sehingga memiliki jiwa leadership.

Hal itu disampaikan Umar Arsal saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan pentas seni dalam rangka milad ke-25 Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid, Kota Baubau, kemarin. “Kualitas pondok pesantren di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya Kota Baubau tidak kalah bersaing dengan di Jawa. Sehingga lulusannya juga tak kalah hebat,” ungkap Umar Arsal.

Anggota DPR RI asal Sultra ini menambahkan,
pesantren bukan sekadar belajar ilmu agama, tapi juga ada ilmu pengetahuan umum. Sehingga, sebenarnya bisa lebih baik. “Jadi, jangan dianggap sebelah mata. Karena pelajaran di pondok pesantren sangat lengkap. Ada perpaduan ilmu umum dan agama. Kalau rajin belajar, saya yakin alumni pesantren bisa lebih hebat,” jelasnya.

Politisi Demokrat ini juga sempat mengutip salah satu hadits Rasulullah SAW. Begini bunyinya: Carilah ilmu hingga ke negeri Cina, dan tuntutlah ilmu mulai dari ayunan hingga liang lahat”. Kata dia, hadits ini mewajibkan semua umat Islam untuk menuntut ilmu agama baik, laki – laki maupun perempuan.

“Jadi, kalau ada sekolah agama atau pondok pesantren, tuntutlah ilmu di sana. Jangan semua mau ke sekolah umum,” pesannya.

Kembali soal Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid, Umar mengaku kagum. Sebab, pesantren ini didirikan oleh seseorang berlatar belakang pengusaha, bukan alumni pesantren. “Menariknya juga, pesantren ini berada di tengah pemukiman warga, sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat sekitarnya,” imbuhnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top