Pariwara
Politik

Terkait Kampanye di Medsos, Parpol Diminta Ingatkan Bacalegnya

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.IID — Kampanye melalui media sosial (Medsos) mulai bertebaran. Untuk bisa mengelabui lembaga pengawasan dan penyelenggara Pemilu, mereka menggunakan akun abal-abal. Selain memperkenalkan diri, sejumlah oknum bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) secara terang-terangan mengajak pemilih untuk memilihnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kolaka, Juhardin tak menepis adanya oknum Bacaleg yang berkampanye melalui Medsos. Hanya saja, ia mengaku agak kesulitan melakukan penindakan sebab mereka berlindung di balik akun bodong. Kendati demikian, pihaknya tidak berdiam diri. Sebagai lembaga pengawasan, Bawaslu telah meminta partai politik (Parpol) untuk mengingatkan Bacalegnya.

“Kami telah menyurati Parpol agar memperingati Bacalegnya. Untuk menegakan azas keadilan, semua pihak harus bisa menahan diri. Sebab masa kampanye baru akan dimulai tanggal 23 September mendatang. Saya berharap semua pihak mentaati aturan kempanye,” tandas Juhardin saat dikonfirmasi Kendari Pos Jumat (7/9).

Untuk mengantipasi hal ini, Bawaslu akan terus melakukan pemantauan. Jika ada yang melanggar, pihaknya akan memberi tindakan. Bila mengacu pada aturan, sanksi pidana akan dikenakan bagi Bacaleg yang melakukan kampanye di luar jadwal. Namun sejauh ini, Bawaslu belum menerima laporan resmi terkait Bacaleg yang kampanye menggunakan Medsos.

“Medsos menjadi salah satu sarana yang dimanfaatkan Bacaleg mempromosikan diri ke masyarakat. Selain mudah, kampanye di Medsos sangat murah dan efektif. Hanya saja, mereka harus patuh sebab ada aturan mainnya. Kami mendorong masyarakat melaporkan bila menemukan pelangaran agar yang bersangkutan dapat dikenakan sanksi,” tegasnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top