Pariwara
Buton

4.913 Warga Buton Terima Bantuan PKH

Irawati Mukhtar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemberian bantuan sosial pada keluarga penerima manfaat (KPM) di Buton melalui program keluarga harapan (PKH) sudah dilakukan. Namun Koordinator PKH Kabupaten Buton, Irawati Mukhtar, mengaku, pencairan dana tahap III belum diterima KPM di wilayahnya. Padahal, sebelumnya mantan Menteri Sosial, Idrus Marham mengimbau, seluruh bantuan PKH di Indonesia sudah harus tuntas Agustus 2018.

“Hanya proses pelaporannya agak susah, apalagi ATM dipegang sendiri masing-masing penerima PKH,” kata Irawati, Jumat (7/9). Ia menjelaskan, kendala lain terjadi pada proses penyaluran dana yang langsung ditransfer Kementerian Sosial melalui BRI ke rekening masing-masing penerima. Sehingga, pihaknya saat ini belum bisa memastikan apakah dana tersebut sudah diterima KPM atau belum.

“Kami belum punya data jumlah pasti yang sudah terima berapa persen. Sekarang ini teman-teman pendamping sementara melakukan pengumpulan data,” ujarnya. Meski begitu, Irawati memastikan, dana PKH tahap III tersebut akan tersalurkan seluruhnya. Khusus tahap III ini, KPM akan menerima Rp 390 ribu. Tahun 2018, jumlah penerima PKH di Buton sebanyak 4.913 KK dan menerima bantuan dalam empat tahap.

“Setiap tahap terima Rp 500 ribu. Tapi tahap III ini hanya Rp 390 ribu. Total bantuan Rp 1.890.0000. Kecuali yang masuk kategori Lansia atau disabilitas, mereka menerima Rp 2 juta per orang,” jelasnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top