Pariwara
Bombana

Tafdil Promosikan Produk Daerah Bombana

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana dalam meningkatkan pendapatan ekonomi bagi warganya sebagai pelaku usaha kecil, maupun para petani, terus dilakukan. Melalui program Gembira yang dicetuskan Bupati Bombana, H. Tafdil, Pemkab terus menyalurkan bantuan untuk menopang usaha hingga memfasilitasi pemasarannya. Tafdil bersama Kepala Dinas Pertanian, Andi Nur Alam bahkan turun langsung memperkenalkan hasil produk lokal yang berasal dari pertanian dan perkebunan di hadapan perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Hasil produksi pertanian dan perkebunan di Bombana sangat menjanjikan. Hanya saja, saat ini petani atau wirausahawan terhambat pada pemasaran. Contohnya seperti saja olahan pisang (dompo), minyak virgin coconut oil (VCO) dan gula aren. Ketiga produk ini cenderung hanya beredar di wilayah Kabupaten Bombana. Sementara kualitas barang ini tidak jauh beda dengan produk dari luar. “Kalau ada pengusaha dari luar melirik produk lokal kita ini dan diminati, tentu membawa angin segar bagi para pelaku usaha,” kata Bombana-1 itu, Jumat (7/9).

Tafdil juga memaparkan, Kabupaten Bombana merupakan salah satu daerah penghasil kelapa terbesar di Sulawesi Tenggara. Harga tiap buah Rp 1.000. Namun bila dijual di Yogjakarta mencapai harga Rp 4.000. Dengan menekan biaya transportasi, tentu sangat menguntungkan bagi para petani Bombana. “Hadirnya pihak Kementerian ini diharapkan dapat membantu daerah, terlebih para pengusaha lokal atau petani agar semangat kerja mencapai kualitas hidup jadi lebih baik,” harapnya.

Sementara itu Orli Fitri, Kepala Seksi Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal, mengatakan, persoalan ekonomi merupakan masalah utama di setiap daerah. Agar dapat keluar dari masalah itu, tentu harus ada langkah yang diambil. “Contoh soal, seperti yang dijelaskan Bupati Bombana. Produk hasil pertanian hanya beredar di wilayah itu saja. Tentu penghasilan para petani atau pengusaha lokal tidak maksimal. Berbeda jika produk itu terjual hingga ke luar. Kedatangan kami di Bombana untuk mengidentifikasi hasil pertanian mana yang dapat kami carikan pasaran,” janjinya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top