Pariwara
HEADLINE NEWS

Seleksi CPNS 2018, Kuota Guru dan Dosen Paling Banyak, Satu Pelamar Satu Formasi Jabatan

Kata dia, selain tenaga pendidik, kesehatan juga mendapat porsi paling banyak, yakni 60 ribu kursi. Sisanya tenaga teknis seperti penyuluh, tenaga infrastruktur serta lainnya. “Tenaga pendidikan mendapatkan formasi paling banyak karena saat ini tengah krisis guru. Makanya, alokasinya diperbanyak,” jelasnya.

Dia membeberkan, peruntukan instansi pusat terdiri dari jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi. Adapun peruntukan instansi daerah terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi.

Lalu guru agama sebanyak 8.000 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 60.315 formasi (dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis), serta tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakir menambahkan, setelah guru dan dosen, tenaga kesehatan juga menempati urutan kedua. Formasi tenaga kesehatan ini meliputi dokter umum, dokter spesiasi, dokter gigi, dan tenaga medis lain seperti perawat dan bidan. Kuota untuk tenaga kesehatan ini dipatok 60.315 orang untuk instansi pemerintah daerah. “Pelamar yang lulus seleksi adminsitrasi bakal berlanjut ke seleksi kompetensi dasar (SKD). Setelah itu ada seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi pelamar yang lulus SKD. Kementerian PAN-RB menargetkan proses rekrutmen CPNS baru 2018 tuntas dan masuk tahap pemberkasan NIP (nomor induk pegawai) pada Desember. (wan/jun/tom/jpnn)

2 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top