Pariwara
Muna

Pemkab Muna Gali Potensi PAD Wisata

PAD : Keindahan alam Bumi Sowite belum mampu menyumbang PAD signifikan. Bahkan destinasi andalan seperti Pantai Meleura tak mendatangkan retribusi sesuai target. Dinas Pariwisata Muna sedang mencari cara memaksimalkan potensi penerimaan pada sektor itu. Foto: La Ode Alfin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pariwisata memang menjadi salah satu sektor andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dalam menarik investasi. Diharapkan, kunjungan wisatawan juga mampu menjadi tulang punggung bagi pendapatan asli daerah (PAD). Hanya saja, hingga awal September ini, keindahan alam Bumi Sowite belum mampu menyumbang PAD signifikan untuk daerah.

Data Dinas Pariwisata Muna, bahkan destinasi andalan seperti Pantai Meleura tak mendatangkan retribusi sesuai target. Padahal, puluhan ribu wisatawan diklaim sudah masuk Meleura tahun ini. “Lebaran lalu 20 ribuan (pengunjung) ada. Tapi retribusinya tidak sampai Rp 10 juta. Kami juga bingung,” kata Darwi, Kepala Bidang Destinasi pada Dinas Pariwisata Muna, Jumat (7/9).

Hal yang sama juga terjadi di Danau Napabale, satu dari empat destinasi unggulan daerah. Kata Darwi, pemasukkan karcis dan retribusi lain terutama di musim liburan lebaran lalu hanya Rp 2 juta. Jumlah itu sangat sedikit jika dibandingkan dengan angka kunjungan. “Harusnya Rp 20 juta ada. Tapi entah bagaimana, retribusi itu tidak masuk kas daerah,” sambungnya.

Kondisi tersebut membuat Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Amiruddin Ako, berupaya menekan kebocoran PAD pada sejumlah destinasi unggulan daerah. Langkah yang akan diambil adalah dengan mengutip langsung retribusi pada pintu gerbang masuk wisata. “Kami akan pasang portal di situ. Setiap pengunjung beli karcis masuk,” ujarnya. Ia belum menyebut berapa besaran retribusi wisata yang akan dipungut Pemkab.

Pihak instansi teknis itu sebenarnya sudah membentuk kelompok pemuda sadar wisata (Pokdarwis) yang melibatkan masyarakat sekitar. Pokdarwis itulah yang ikut dipercayakan mengelola dan mengembangkan pariwisata sesuai kreatifitas. Dua destinasi unggulan daerah seperti Napabale dan Meleura ikut dikelola oleh Pokdarwis, termasuk soal pemungutan retribusi wisata. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top