Pariwara
Wakatobi

Masih Ada Desa di Wakatobi Belum Cairkan DD Tahap II

La Ode Husnan

KENDARIPOS.CO.ID — Dana desa (DD) tahap II mulai dicairkan. Meski telah banyak desa yang sudah menerima dana dari anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) tersebut, namun masih ada juga beberapa wilayah yang belum menuntaskan proses pencairan. Padahal menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Kabupaten Wakatobi, La Ode Husnan, batas pencairan DD hanya hingga Juni hingga Juli lalu. Namun, sampai saat ini masih beberapa desa belum mendapt pencairan anggaran karena masih dalam proses. “Sebenarnya Agustus lalu sudah harus pengurusan pencairan tahap III. Tapi karena tahap II masih ada beberapa desa yang belum selesai, maka dituntaskan dulu yang ini,” jelas Husnan, Jumat (7/9). Tapi jika sudah ada desa yang siap melakukan pengurusan administrasi untuk pencairan tahap II, tidak ada masalah.

“Kalau menghadapi kendala pasti ada, tapi desa-desa sementara masih mengurus pencairan DD tahap II ini. Semua desa ini yang belum cair sudah diproses,” tambahnya. Kendati saat ini sudah masuk proses pengurusan untuk pencairan tahap III, namun diakuinya belum ada satu desa yang melakukan hal tersebut. “Paling lambat September ini baru mengurus. Kalau tahap II 40 persen, tahap III juga begitu dan sebelumnya tahap I sudah cair 20 persen. Kita berharap tidak ada kendala berarti sehingga proses pencairan berjalan lancar,” tandasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, mengatakan, proses pencairan ADD dan DD tidak dibatasi. Namun, alangkah baiknya jika desa-desa segera menuntaskan segala persyaratan sebelum masuk tahap pencairan selanjutnya. “Yang penting dokumen pertanggungjawabannya dipenuhi dan sudah ada rekomendasi dari dinas terkait, maka proses pencairan akan dilakukan,” ungkapnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top