Pariwara
Politik

Bersihkan Pemilih Ganda, DPT Sultra Kembali Dianalisis

KENDARIPOS.CO.ID — Daftar pemilih tetap (DPT) Sultra Pemilu 2019 terindikasi belum terbebas dari pemilih ganda. Dari 76 DPT kabupaten/kota (minus Sultra) yang menjadi sampel analisis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, masih ditemukan 131 ribuan pemilih ganda. Atas dasar itu, Bawaslu RI meminta dilakukan analisis ulang terhadap seluruh DPT kabupaten/kota se-Indonesia.

“Menjelang penetapan DPT nasional, Bawaslu melakukan analisis 76 DPT di sejumlah daerah dari total 400 lebih kabupaten/kota. Hasilnya, kami menemukan ribuan pemilih ganda. Temuan ini belum termasuk di Sultra. Sebab kebetulan tidak ada DPT di Sultra yang dijadikan sampel. Namun hal ini bisa menjadi gambaran bahwa DPT yang ditetapkan penyelenggara belum terbebas dari pemilih ganda termasuk di Sultra,” kata Munsir Salam, Komisioner Bawaslu Sultra saat dikonfirmasi, Jumat (7/9).

Temuan inilah sambung Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga ini, menjadi dasar Bawaslu meminta KPU RI menunda penetapan DPT nasional. Permintaan itu akhirnya diamini. Sebagai tindaklanjut dari penundaan itu, Bawaslu diberikan waktu selama 10 hari melakukan analisis terhadap DPT yang telah ditetapkan.

“Jadi ini tidak ada hubungannya dengan data pemilih ganda pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang katanya ada sekitar 25 juta. Bawaslu punya kajian dan analisis tersendiri. Jadi yang baru dikantongi Bawaslu baru sekitar 131 ribuan. Kemungkinan besar jumlahnya masih akan bertambah setelah dilakukan analisis. Apakah mencapai jutaan?, semua tergantung hasil kajian,” jelasnya.

Sesuai kesepakan, analisis terhadap DPT dimulai tanggal 6 s.d 16 September. Sejauh ini, pihaknya tengah melakukan analisis. Awalnya, Bawaslu sempat mengalami kesulitan lantaran DPT yang diserahkan ke KPU dalam bentuk Pdf. Sebelum dikaji, datanya harus diubah menjadi excel. Namun kesulitan itu langsung direspon KPU Sultra dengan menyerahkan DPT dalam bentuk excel.

“Saya cukup mengapresiasi respons KPU. Sebab tidak ada kewajiban penyelenggara menyerahkan DPT dalam bentuk excel. Ini menunjukan KPU dan Bawaslu sangat berkomitmen memastikan DPT Sultra benar-benar valid. Saat ini, operator kami tengah melakukan pengecekan. Hal yang sama juga dilakukan perangkatnya di kabupaten/kota,” pungkas mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra ini. (mal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top