Pariwara
Politik

Bacaleg Berstatus Pegawai BUMN Terancam Dicoret

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Satu dari dua bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kolaka bisa tersenyum lega. Ambisinya berkompetisi pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019 kian menjadi kenyataan. Dari hasil klarifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka, tanggapan masyarakat terhadap perbedaan nama dalam berkas pendaftaran dengan KTP tidak menggugurkannya ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT).

Ketua KPUD Kolaka, Nur Ali mengaku menerima dua aduan masyarakat terhadap DCS. Hanya saja, baru satu Bacaleg yang telah terverifikasi. Sementara satu Bacalegnya belum bisa diklarifikasi lantaran yang bersangkutan masih di luar daerah.

“Tanggapan yang telah terklarifikasi yakni Bacaleg PKS. Ternyata perbedaan nama dalam daftar pencalonan dan KTP lebih dikarenakan kesalahan ketik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) saat bacaleg tersebut mengurus KTP elektronik. Dan sudah ada penjelasan Disdukcapil setempat. Jadi sudah clear,” jelasnya saat ditemui, Jumat (7/9).

Aduan masyarakat yang belum terklarifikasi kata dia, ditujukan pada Bacaleg Partai Golkar. Sebagaimana laporan, yang bersangkutan masih tercatat sebagai BUMN. “Untuk tanggapan ini, kami belum bisa klarifikasi lantaran orangnya masih melaksanakan ibadah haji,” bebernya.

Sebenarnya lanjut mantan PPK Lambandia, ada Bacaleg lain yang masih berstatus BUMN. Namun hanya satu yang ditanggapi masyarakat. Sesuai persyaratan, keduanya harus mundur sebagai pegawai BUMN. Sebelum ditetapkan dalan daftar calon tetap (DCT), mereka harus menyerahkan surat keputusan (SK) pemberhentian. Jika tidak diserahkan, ia memastikan akan mencoret dalam DCT.

“SK-nya paling lambat diserahkan sehari sebelum penetapan atau tanggal 19 September. Sebelumnya juga kami sudah menyurat ke seluruh parpol untuk mengingatkan kadernya,” pungkasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top