Pariwara
Nasional

172 Kloter Jamaah Haji Kembali ke Tanah Air, 13 September, Giliran Jamaah Sultra “Pulang Kampung”

TUNGGU PULANG: Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir (tengah) bersama sejumlah jamaah haji asal Sultra sedang istirahat. Kini, mereka lebih banyak melakukan ibadah sunnah sambil menunggu jadwal pulang 13 September mendatang. Foto: Kemenag Sultra For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sejauh ini sudah 17 penerbangan yang memulangkan jamaah haji Indonesia ke-11 debarkasi di Tanah Air. Penerbangan pertama dilakukan pada pukul 00.15 waktu Arab Saudi (WAS) oleh kloter PLM-8, sedangkan penerbangan terakhir jemaah haji pada pukul 21.30 WAS kloter MES-8.

Terdapat 10 penerbangan yang diangkut maskapai Garuda Indonesia dan tujuh kloter lainnya menggunakan Saudi Arabian Airlines, seperti dilansir dari laman ww.haji.kemenag.go.id, Jumat (7/9). Ada tiga kloter menuju debarkasi Solo yaitu SOC-31, SOC-32, dan SOC-33. Jakarta-Bekasi juga menerbangkan 3 kloter (JKS-34, JKS-35, dan JKS-36). Jakarta-Pondok Gede dan Surabaya masing-masing dua kloter yaitu JKG-22, JKG-23, SUB-32, dan SUB-33. Sedangkan masing-masing 1 kloter menuju debarkasi Banjarmasin (BDJ-5), Padang (PDG-10), Lombok (LOP-7), Balikpapan (BPN-1), dan Medan (MES-6).

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Arsyad Hidayat mengaku, proses pemulangan jamaah haji Indonesia berjalan lancar. “Keseluruhan berjalan sesuai jadwal. Pemulangan jamaah sakit yang ditanazulkan juga cukup lancar. Hanya hari ini ada badai debu, sehingga kondisi bandara terkena dampaknya,” kata Arsyad di Jeddah, Jumat (7/9).

Terkait banyaknya debu di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, Arsyad meminta petugas kesehatan membantu jemaah dengan membagikan masker dan memberikan perawatan bagi yang sakit. Karena suasana Bandara KAA Jeddah masih terus dilanda debu pasir.

Sampai dengan pemulangan hari ke-11, telah diterbangkan 172 kloter. Garuda Indonesia telah menerbangkan 89 kloter dan Saudi Arabian Airlines 83 kloter. Keseluruhan penumpang yang telah kembali ke Tanah Air 70.513 orang terdiri dari 69.653 jemaah dan 860 petugas kloter haji.

Sementara itu, jamaah haji Sultra dijadwalkan “pulang kampung” 13 September mendatang. Sambil menunggu jadwal itu, jamaah tetap melakukan ibadah rutin. Mereka memperbanyak ibadah sunah demi meraih pahala lebih banyak lagi di Tanah Suci. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Abdul Kadir. Dia mengatakan, proses pemulangan jamaah haji dari Saudi Arabia tengah disiapkan. Khusus untuk Sultra, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi lintas kloter untuk membahas pemulangan tersebut. Terutama menyangkut persiapan teknis. “Sudah dibaha spersiapannya,” jelasnya. (b/ely/jpc)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top