Pariwara
Konawe

Tiga Kecamatan 3T di Konawe Rawan Pangan

Muhammad Akbar

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga kecamatan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Latoma, Asinua dan Routa, masuk dalam kategori wilayah rawan pangan. Ketiganya dinilai selalu mengalami kesulitan setiap memasarkan pangan warga, karena kondisi infrastruktur jalan kurang memadai. Apalagi lahan pertanian di daerah itu berada di tempat sempit dan berlokasi pada perbukitan tandus, serta rawan banjir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar mengungkapkan, ada beberapa faktor yang membuat sebuah daerah menjadi zona rawan pangan. Misalnya, karena daerah tersebut tak memiliki fasilitas listrik dan air bersih, rawan banjir, serta sulitnya akses transportasi. “Jadi, bukan cuma karena kurang hasil pertaniannya. Tapi rawan pangan itu juga bisa terjadi karena bahan pangan sering datang terlambat ke daerah tersebut, disebabkan kesulitan akses,” terangnya, Kamis (6/9).

Sesuai pendataan Dinas Ketahanan Pangan, Kecamatan Asinua, Latoma dan Routa masuk kategori daerah rawan, karena berada di lahan kering dan susah mendapatkan air saat kemarau. “Daerahnya lumayan tandus. Kalau kemarau panjang, hasil tani berkurang dan stok pangan dari luar sulit sampai ke sana,” ujarnya. Meski tiga daerah ini masuk kategori rawan pangan, namun bukan berarti tidak ada pasokan makanan.

“Melainkan karena kondisi daerah seperti akses jalan cukup sulit dan berdampak pada kesulitan mengangkut pangan. Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe telah beberapa kali menyalurkan bantuan, sesuai analisis yang dilakukan sebelumnya. Ada tiga komponen untuk masuk dalam klasifikasi tersebut, yaitu kewaspadaan pangan dan gizi, belanja bahan makanan atau ketersediaan, serta akses atau daya beli dan distribusi makanan. Tiga faktor itu kita tutupi dengan bantuan yang disalurkan,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top