Pariwara
Politik

Sekwan Robert : Legislator DPRD Sultra Pindah Parpol Segera di PAW

Robert Piter Raru

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan anggota legislatif (Aleg) pindah partai politik (Parpol) pada Pemilu 2019 harus berujung pergantian antar waktu (PAW). Di DPRD Sultra, ada Nirna Lachmuddin. Pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) mendatang, ia memilih mundur dari Partai Hanura dan beralih ke PDI-P. Tak hanya itu, di DPRD Kota Kendari, terdapat tiga anggota legislatif juga mundur. Ketiganya adalah Aleg PKB Gunartin dan Aleg Hanura Hamida Sudu yang memilih menggunakan pintu Partai NasDem. Sementara Aleg PPP, Rusiawati Abunawas yang nyaleg melalui Partai Golkar.

Sekretaris DPRD Sultra, Robert Piter Raru mengatakan surat pengunduran diri Nirna Lachmuddin telah diserahkan. Berkas pun telah diteruskan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. Nantinya, KPU yang akan memastikan keterpenuhan syarat calon PAW-nya. “Sudah kami terima, sekarang masih dalam proses. Kalau sudah ada nama, maka akan diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan surat keputusan (SK) pemberhentiannya. Jadi, kita tunggu saja,” katanya saat ditemui di kantor Sekretariat DPRD Sultra.

Pengurus DPD Partai Hanura Sultra, Bandung Longgeng mengatakan PAW Nirna Lachmuddin merupakan bagian dari konsekuensi. Setiap kader wajib mematuhi aturan dan mekanisme Parpol. Jika melanggar, maka yang dibersangkutan harus menerima resiko. “PAW-nya telah kita usul. Dari hasil kajian, Pak Alex Ortalora yang kami ajukan untuk mengisi sisa jabatan tersebut,” bebernya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Kendari, Asni Bonea mengungkapkan pihaknya sudah memproses pemberhentiannya sesuai aturan yang berlaku melalui gubernur sebagaimana dalam aturannya. Termasuk sudah mengirim ke KPU Kota Kendari untuk memastikan nama yang diusul parpol atas nama PAW yang diusul oleh ketiga parpol tersebut. “Sudah diproses. Jadi, kita menunggu saja,” tandasnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top