Pariwara
Edukasi

PKM UHO Latih Psikologi Siswa Dalam Bermedia Sosial

Agus Setiawan/Kendari Pos
Suasana pelatihan regulasi diri dalam bermedia sosial yang berlangsung di SMAN 1 Kendari, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Halu Oleo (UHO) yang diketuai oleh Nani Restati Siregar, S.Psi., M.Si., dan anggotanya Mansyur, M.Pd., belum lama ini menyambangi dua sekolah di Kota Kendari, yakni SMAN 1 Kendari dan SMAN 4 Kendari. Tim PKM UHO bermaksud memberikan pelatihan regulasi diri dalam bermedia sosial berbasis neuropsikologi pada remaja.

Ketua Tim PKM UHO, Nani Restati Siregar, mengatakan kegiatan ini juga bertujuan melatih dan membentuk kontrol pikiran dan emosi baik terhadap merespon informasi maupun memberi perlakuan pada media sosial, misalnya membuat status.  “Kontrol pikiran dan emosi merupakan fungsi otak manusia. Oleh karena itu, merupakan alasan mengapa kegiatan ini berbasis neuropsikologi. Neuropsikologi merupakan ilmu yang mempelajari jiwa melalui tingkah laku dengan didasarkan pada pengetahuan kerja otak,” Kata Nani.

Lanjut dia, kemampuan kontrol fikiran dan emosi yang baik adalah mencerminkan otak yang sehat. Jadi, dengan penggunaan media sosial yang perkembangannya begitu cepat dan jangkauannya yang sangat luas dari sisi usia dan jenis kelamin pengguna, maka mengatur diri dengan pemahaman kerja otak sangat diperlukan. Dan, remaja merupakan kelompok usia terbanyak dalam penggunaan internet di tahun 2017 , ini berdasarkan laporan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Nani menambahkan, otak memiliki neurotransmiter dopamin yang mana salah satunya bertujuan menciptakan rasa senang bagi manusia. Dalam batas normal itu sangat diperlukan, namun jika berlebihan itulah yang disebut dengan adiksi (kecanduan). Adiksi terjadi ketika neurotransmiter diproduksi secara berlebihan dan mengakibatkan otak bagian prefrontal cortex mengalami penurunan fungsi. Prefrontal cortex berperan dalam berpikir rasional, logika, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

“Semoga dengan pelatihan yang telah kami laksanakan ini, siswa bisa mengetahui dampak negatif dari bermedia sosial secara berlebihan. Sehingga nantinya, siswa bisa lebih bijak lagi dalam bermedia sosial,” tutupnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top