Pariwara
Politik

Gelar Akademik Tiga Bacaleg di Konawe Utara Dianggap Sah

Busran Halik

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik gelar akademik tiga bakal calon legislatif (Bacaleg) Konawe Utara (Konut) tuntas. Dari hasil penelusuran dan identivikasi dokumen, gelar insinyur yang sempat diadukan masyarakat dianggap sah. Kepastian itu diperoleh setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melakukan klarifikasi terhadap pihak perguruan tinggi. “Sudah kami lakukan klarifikasi. Tidak hanya pada yang bersangkutan dan partai politik (Parpol), namun juga universitas. Hasilnya, sudah ada surat penguatan dari universitas,” beber Busran Halik, Ketua KPUD Konut saat ditemui, Kamis (6/9/2018).

Dalam surat tersebut, pihak universitas menegaskan tiga Bacaleg Konut tersebut berhak menggunakan gelar insinyur. Meski ketiganya mengambil profesi insinyur sebagaimana syarat yang dituangkan dalam undang-undang nomor 11 tahun 2014. Ketiga bacaleg Konut yang bergelar insinyur yakni Ir Safrin, Ir Hatta dan Ir Ariansyah Manaf. “Hasil klarifikasi, mereka lulusan dibawah tahun 1993. Sehingga mereka masih berhak. Kecuali lulusan 1994 ke atas mereka harus menyesuaikan dengan undang-undang nomor 11 tahun 2014 tentang profesi insinyur,” sambung Busran Halik.

Dengan adanya surat tersebut, maka aduan masyarakat tersebut tidak bisa menggugurkan langkah ketiga Bacaleg Konut. “Jadi, berkasnya telah memenuhi persyaratan,” ujarnya. Sementara itu, Bacaleg Partai Amanat Nasional (PAN) yang diadukan masyarakat terhadap statusnya sebagai anggota BPD Desa Lambuluo Kecamatan Motui juga telah diklarifikasi. Hasilnya, yang bersangkutan akan memasukan surat pengunduran dirinya sebagai anggota BPD. Yang anggota BPD itu sudah mengklarifikasi dan akan memasukan surat pemberhentian dari pimpinan yang memberikan SK terhadap jabatan sebelumnya. Paling terlambat tanggal 19 September sudah ada SK pemberhentiannya sebagai anggota BPD,”pungkas Ketua KPUD Konut itu. Sebelumnya DCS yang diumumkan oleh KPUD Konut mendapatkan beragam tanggapan dari masyarakat. Mulai dari bacaleg Konut bergelar insinyur hingga bacaleg yang masih menduduki jabatan badan pemusyawaratan desa (BPD). (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top