Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BI Dukung Aunupe Jadi Desa Mandiri

Dorong Pengembangan Desa Organik: Wakil Bupati Konsel, Dr. Arsalim Arifin (kanan) bersama Kepala KPw BI Sultra, Minot Purwahono (tengah depan) saat memantau pengembangan pupuk dari hasil ternak, dan pakan ternak dari limbah perkebunan di Desa Aunupe Kecamatan Wolasi, Konsel, Rabu (5/9) lalu. Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra berupaya untuk mewujudkan desa Mandiri di daerah yang dipimpin H. Surunuddin Dangga tersebut. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan pengembangan desa organik yang berlangsung di Desa Aunupe Kecamatan Wolasi, Rabu (5/9) lalu.

Wakil Bupati Konsel, Dr. Arsalim Arifin, saat membuka kegiatan menjelaskan, 7 tahun silam, Desa Aunupe masih terisolir. Setelah hadirnya BI yang memiliki program pengembangan pertanian organik saat itu, lambat laun desa tersebut sudah tidak terisolir lagi. “Dan saat ini, desa ini sudah mulai maju dan cocok dijadikan sebagai desa organik,” ungkapnya.

Arsalim menambahkan, di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Konsel sudah mendorong Desa Aunupe menjadi desa sumber pertumbuhan, desa organik. Makanya telah ditetapkan tahun 2019 mendatang, desa yang telah ditetapkan sebagai pusat agrowisata ini akan didukung oleh seluruh SKPD setempat.

“Tahun 2019 desa direncanakan menjadi desa mandiri. Untuk saat ini yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk dibenahi adalah infrastruktur jalan,” ungkapnya.

Di sisi lain, dalam upaya mewujudkan desa mandiri itu, sambung Arsalim Kelembagaan di desa Aunupe harus terus ditingkatkan. Utamanya seperti Lembaga Ekonomi Sejahtera (LEM) dan Bumdes harus bisa menjadi tulang punggung pengembangan produksi dan pemasaran produk desa Aunupe.

“Desa ini harus bisa mengembangkan produksinya yang bisa meningkatkan nilai tambah. Pengembangan ke depan bisa kerja sama dengan desa lain berdasarkan keunggulan komparatif masing-masing. Termasuk masalah pemasaran perlu adanya penjajakan kemitraan,” imbuhnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top