Pariwara
Politik

Benahi DPT, KPUD Mubar Gandeng Disdukcapil

Alirun Asa

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memvalidkan data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar) turut menggandeng dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil). Hal ini tak lain untuk memastikan adanya warga yang melakukan perekaman, pindah domisili hingga meninggal. Upaya sebagai bentuk komitmen penyelenggara membersihkan DPT Mubar dari pemilih ganda atau pemilih siluman.

Komisioner KPUD Mubar, Alirun Asa mengaku terus berupaya memutakhiran data pemilih. Selain meminta tanggapan masyarakat, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemda dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Untuk memonitoring data kependudukan, pihaknya telah bekerja sama dengan Disdukcapil setempat. Setiap ada warga yang melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau pindah domisili akan dilaporkan ke penyelenggara.

“Kami sudah ada komitmen dengan Disdukcapil setempat. Bila ada warga yang membuat KTP, maka akan di-share ke KPU. Begitupun warga yang pindah domisili daerah lain atau warga pendatang,” kata Alirun Asa saat dikonfirmasi Kendari Pos Kamis (6/9).

Sinergitas ini lanjut Koordinator Divisi Perencanaan Data, SDM dan Organisasi KPUD Mubar, sangat membantu penyelenggara dalam memutakhirkan data pemilih. Tidak hanya bisa mengakomodir pemilih baru, pihaknya juga bisa mengantisipasi adanya pemilih ganda. Sebab warga yang pindah ke daerah lain atau pendatang baru akan dikembali di-share ke sesama penyelenggara.

“Pada intinya, kami akan berupaya mengakomodir warga yang telah memenuhi syarat memilih didaftar di DPT. Kalau ada warga baru, kami akan koordinasikan sebelum dimasukan. Sebab ada kemungkinan mereka telah terdaftar di daerah lain. Demikian halnya dengan warga Mubar yang pindah ke daerah lain,” jelasnya.

Langkah KPUD Muna ini sambungnya, tidak berimbas pada DPT namun juga mengefektifkan penyebaran form c6 (undangan memilih). Sebab sebelum disebar, KPU telah memiliki data adanya pemilih yang pindah domisili.

“Berdasarkan pengalaman, terkadang form c6 yang tidak sempat dibagikan. Sebab orangnya sudah tidak berada di tempat. Ke depan, saya kira sudah semakin baik,” pungkasnya. (mal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top