Pariwara
Buton Utara

Bantuan Ekskavator Tiba di Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
ALSINTAN : Bantuan ekskavator yang dijanjikan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman kini telah tiba di Butur. Alsintan tersebut akan dimanfaatkan untuk membuka dan menata lahan pertanian baru.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong Kabupaten Buton Utara (Butur) menjadi lumbung penghasil pangan organik terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembukaan lahan baru terus dimaksimalkan hingga mencapai target 5.000 hektare. Untuk mewujudkan semua itu, kementerian yang dipimpin Amran Sulaiman itu menunaikan janjinya memberikan alat mesin pertanian (Alsintan) satu unit ekskavator untuk mendorong produktivitas pembukaan lahan petani dalam bercocok tanam.

Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir. Yusuf, menuturkan, pemberian bantuan tersebut merupakan janji Mentan saat berkunjung di daerah itu beberapa waktu lalu. Untuk mendukung program pembukaan lahan baru, petani membutuhkan ekskavator ukuran besar dan kini telah direalisasikan. Alat berat tersebut telah tiba di Butur. “Target pembukaan lahan secara bertahap kita lakukan,” janjinya, Kamis (6/9).

Mantan Camat Kambowa itu menambahkan, untuk penggunaan ekskavator itu, kelompok petani harus mengajukan peminjaman. “Jadi sistemnya pinjam pakai,” sambungnya. Yusuf menambahkan, program pembukaan lahan baru dengan luas ribuan hektare sebaiknya disubsidi pemerintah. Sehingga biaya pembukaan lahan tak lagi menjadi tanggung jawab petani. “Saya juga berharap pemerintah pusat memberikan bantuan stimulan untuk pembukaan lahan baru. Tak hanya, Alsintan saja,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top