Pariwara
Muna

Warga Muna Harus Tertib Buang Sampah

La Ode Sahusu

KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan sampah di Kota Raha, Kabupaten Muna, masih menjadi pekerjaan yang belum terselesaikan. Di berbagai sudut kota, limbah itu tetap berserakan pada tempat pembuangan sementara. Hingga siang, sampah tak kunjung diangkut petugas kebersihan. Setiap hari, sesuai perhitungan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, volume sampah Kota Raha mencapai 30 ton dan hanya mampu diangkut setengahnya.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah minimnya sarana angkutan. DLH Muba hanya memiliki delapan armada truk sampah. Jumlah itu tak sepadan dengan luas wilayah kerja. Belum lagi, truk tersebut tidak semua dalam kondisi baik. Seringkali hanya empat unit yang laik beroperasi. Sisanya, masuk bengkel. Kepala DLH Muna, La Ode Sahusu, mengatakan, dalam APBD 2018 Pemkab akan menambah dua unit armada. Hanya saja, satu unitnya merupakan mobil jenazah yang akan beroperasi di tempat pemakaman umum. Untuk armada angkut sampah, Pemkab hanya mampu menambah satu unit.

“Saya tidak tahu pasti anggarannya. Kami masih menunggu katalog mobilnya, setelah itu dicari harga yang pas,” jelas Sahusu, kemarin. Ia menambahkan, penanganan masalah sampah di Muna harus melibatkan kesadaran semua pihak. Mulai dari pihak kelurahan sampai aparat kecamatan harus bahu-membahu memberikan penyadaran pada masyarakat agar tertib membuang limbahnya. Momok yang dihadapi DLH sendiri adalah, seringnya menemukan limbah hutan yang sulit diangkut. “Kalau masyarakat tidak sadar, biar berapa pun armadanya tak akan selesai. Kami butuh kerja sama masyarakat,” pintanya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top