Pariwara
Politik

KPU Rekomendasi Ganti Dua Bacaleg di konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Dua bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Konawe harus mengubur impiannya berkompetisi di pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Dari hasil klarifikasi, keduanya masih berstatus sebagai pendamping desa dan program keluarga harapan (PKH). Kedua Bacaleg yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe untuk diganti merupakan kader Partai Gerindra dan Partai Berkarya.

Komisioner KPUD Konawe, Armanto mengatakan tahap klarifikasi atas tanggapan masyarakat telah dirampungkan. Dari tiga tanggapan yang masuk, dua diantaranya harus diganti. Sebab keduanya masih berstatus karyawan kontrak yang pendapatannya bersumber dari keuangan negara. Sementara aduan untuk Bacaleg asal Partai Amanat Nasional (PAN) tidak terbukti.

“Iya, tahap klarifikasi sudah lewat. Saat ini, kita sudah memasuki tahapan pengajuan calon pengganti. Sebelumnya ada beberapa partai yang dapat tanggapan. Berdasarkan klarifikasi, dua parpol harus melakukan pergantian yakni Gerindra dan Berkarya,” jelas Koordinator Divisi Teknis KPUD Konawe ini saat ditemui, Rabu (5/9).

Saat memasukan berkas sambungnya, dua Bacaleg ini tidak melampirkan surat keterangan terkait pekerjaannya. Setelah diumumkan, barulah ada tanggapan mengenai pekerjaannya. “Keduanya telah mengakui. Karena tidak memenuhi syarat, makanya KPU mengambil putusan untuk diganti,” ujarnya.

Sesuai tahapan, pengajuan calon pengganti dimulai tanggal 4 sampai 10 September 2018. Berkas yang masuk selanjutkan akan diverifikasi. ” Kita masih menunggu penggantinya. Lebih cepat lebih baik, karena akan kita klarifikasi lagi dokumennya,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top