Pariwara
Politik

Gaet Pemilih Pemula, KPU Muna Sambangi Sekolah

SOSIALISASI KPUD MUNA : Ketua KPUD Muna, Kubais (berdiri, baju putih) memberikan pengarahan kepada para siswa SMA Negeri Kabawo, Rabu (5/9). Sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2019 nanti. FOTO: LA ODE ALFIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pemilih pemula di Muna pada Pemilu 2019 cukup besar. Tak heran, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat memberi perhatian khusus. Untuk memberi pemahaman tentang pentingnya partisipasi pemilih, KPUD Muna menggelar sosialisasi di sejumlah SMA sederajat di Muna.

Ketua KPU Muna, Kubais mengaku terus berupaya mendorong keikutsertaan pemilih pemula pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) dan pemilihan presiden (Pilpres) mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan melalui kegiatan road to school selama dua hari terakhir ini. Saat ini, sudah empat sekolah sudah disambangi yakni SMA Negeri 2 Raha, SMKN 1 Raha, Madrasah Aliyah Raha dan SMA Negeri 1 Kabawo.

“Alhamdulilah dua hari kita sosialisasi, sambutan siswa selalu ramai. Kami optimis, partisipasi pemilih pemula di Muna akan meningkat,” jelasnya saat ditemui, Rabu (5/9).

Dalam sosialisasi itu, KPU menekankan pentingnya pemilihan umum untuk mencari wakil rakyat yang baik. Pemilih pemula juga diajak menjadi pemilih cerdas dengan tidak menyalurkan hak suara hanya karena iming-iming uang. KPU mengajak siswa menjadi pemilih yang bebas dari intervensi dan memilih berdasarkan nurani. “Materinya seputar partisipasi dan bagaimana menjadi pemilih cerdas,” paparnya.

Kubais juga menyebutkan dalam setiap pertemuan dengan siswa, KPU mengajak pentingnya mengurus identitas kependudukan. Sebab kartu tanda penduduk menjadi syarat bagi warga negara untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu mendatang. “Kami imbau ke siswa agar mengurus KTP terutama bagi mereka yang pada tanggal 17 April 2019 sudah berusia 17 tahun,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top