Pariwara
Metro Kendari

Sebaran Dokter Tak Merata, Program Nusantara Sehat Solusi Atasi Kekurangan Dokter

Zuhuddin Kasim

KENDARIPOS.CO.ID – Kekurangan dokter masih menjadi masalah serius di Sultra. Bukan karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang tak ada, tapi sebaran dokter tidak merata. Dokter terpusat di wilayah perkotaan saja. Sangat jarang di Daerah Otonom Baru (DOB). Itulah salah satu penyebab kekurangan dokter.

Kondisi itu tak ditampik Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Zuhuddin Kasim. “Contohnya di Muna Barat (Mubar). Hanya dua dokter umumnya. Sangat jauh dari kata ideal. Yang ideal, satu Puskesmas dua dokter. Satu dokter umum dan satu dokter gigi. Ini bukan hanya Mubar, DOB yang lain juga kurang (dokter),” ujarnya, Selasa (4/9).

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sultra itu menyarankan agar para bupati dan wali kota yang ingin mengatasi kekurangan dokter di otoritanya agar mengusulkan penempatan tenaga dokter program Nusantara Sehat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. “Nusantara Sehat itu bisa diusulkan kepala daerah karena mereka harus bertanda tangan langsung. Kami di provinsi hanya tembusan saja. Tapi kita akan bantu koordinasikan,” ungkap Zuhuddin Kasim.

Kebijakan baru dalam pelayanan Nusantara Sehat yang berlaku tahun ini bahwa pemerintah kota (Pemkot) bisa mengusulkan jika membutuhkan. Sebelumnya hanya pemerintah kabupaten saja yang bisa mengusulkan. Meskipun kontraknya hanya dua tahun untuk setiap dokter, namun itu akan sangat membantu pelayanan kesehatan. “Sebenarnya Nusantara Sehat ini sudah masuk Sultra dari tahun-tahun kemarin. Hanya ini kontraknya dua tahun saja,” jelas Zuhuddin Kasim.

Zuhuddin Kasim menambahkan selama ini dokter enggan bertugas di pelosok karena berbagai alasan. Padahal sejumlah daerah juga sudah menyiapkan insentif dokter. “Itulah realitanya. Tapi kita terus berkoordinasi dengan pusat agar ada perhatian lebih lagi soal tenaga dokter ini,” imbuhnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top