Pariwara
Politik

Edukasi Pemilih, KPUD Konut Buka RPP Sipole

PERESMIAN RPP SIPOLE : Ketua KPU Sultra, Ld Abdul Natsir Muthalib (keempat dari kanan), Ketua KPU Konut, Busran Halik (kelima dari arah kiri) foto bersama usai peresmian RPP Sipole. Tampak Komisioner KPU Konut, Yusdiana (paling kiri) dan Asmul (kedua dari kanan). FOTO: HELMIN TOSUKI/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk meningkatkan kesadaran para pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut) membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP). Wadah yang diberi nama sarana informasi pendidikan politik elektoral (Sipole) ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat khususnya pemilih pemula. Peresmian RPP Sipole ini dihadiri Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib.

Ketua KPUD Konut, Busran Halik mengatakan dengan adanya RPP Sipole, masyarakat maupun penggiat kepemiluan dapat memperoleh informasi tentang tahapan yang akan dilangsungkan oleh KPUD sebagaimana peraturan perundang-undangan.

“Penamaan RPP Sipole ini diambil dari bahasa daerah etnis Tolaki yang bermakna (tuntas/selesai). Bila dikaitkan dengan kepemiluan dimaknai dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu harus dilaksanakan secara tuntas dan selesai sesuai dengan tahapan perundang-undangan,” ujar Busran Halik, Selasa (4/9). Bila dikaitkan dalam Bahasa Indonesia, RPP Sipole dimaknai sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

“RPP Sipole ini paling tidak bisa difungsikan sebagai pusat informasi dan edukasi masyarakat maupun komunitas penggiat pemilu dalam mengakses pentingnya pemilu serta demokrasi yang bermuara dalam menentukan pilihan politiknya. Sehingga mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan amanah,” urainya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, Laode Abdul Natsir Muthalib mengapresiasi dengan hadirnya RPP Sipole sebagai wadah dalam memberikan pusat informasi tentang kepemiluan. Namun, komisioner KPU Sultra dua periode itu meminta RPP Sipole jangan hanya dijadikan simbol kepemiluan. Melainkan menjadi wadah informasi bagi stakeholder pemilu khususnya masyarakat Konut.

“Dengan adanya RPP Sipole ini masyarakat dapat berkunjung kesini agar mendapatkan informasi yang jelas dan detail akan pentingnya pemilu. Saya juga berharap agar Pemda Konut mendukung kegiatan KPU di lapangan, terutama fasilitas operasional,”pungkasnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top