Pariwara
Kolaka Utara

Distan Kolut Siapkan Mesin Pemotong Kakao Tua

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
CHAINSAW : Puluhan unit mesin chainsaw yang diadakan pihak Dinas Pertanian Kolut untuk menebang tanaman kakao tua milik warga dalam program revitalisasi.8

KENDARIPOS.CO.ID — Progres program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dalam revitalisasi kakao, dibarengi dengan pengadaan sejumlah sarana peralatan pertanian lainnya. Saat ini Dinas Pertanian (Distan) Kolut telah mengadakan 56 unit chainsaw (mesin pemotong) untuk menebang kakao tua milik petani, termasuk mesin pemotong rumput.

Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal, merinci, 65 unit peralatan pertanian terdiri dari 30 unit chainsaw dan 35 unit pemotong rumput. Alat tersebut akan diserahkan ke kelompok tani melalui pengawasan Mantri Perkebunan (Manbun). “Mereka yang koordinir alat itu untuk digunakan kelompok tani,” ujar Samsu Ridjal, Selasa (4/9). Nominal pengadaan kedua peralatan tersebut masing-masing kurang lebih Rp 100 juta melalui alokasi APBD.

Untuk chainsaw akan diperuntukkan bagi kelompok tani yang kakaonya siap diremajakan, dengan cara ditebang serentak. Sementara itu alat pemotong rumput dikhususkan dalam pelaksanaan demplot. Untuk progres tanaman kakao saat ini sedang berlangsung proses penyambungan. Diupayakan tuntas hingga Desember mendatang, sehingga bibit kakao siap didistribusikan ke kelompok tani. “Biar tergabung dalam kelompok tani di masing-masing desa, kalau lahannya belum siap, maka bibitnya tak bisa diserahkan. Artinya lahan siap, bibit diterima,” tegasnya.

Sementara itu menyangkut tanaman sela untuk menghijaukan kebun petani yang terlibat revitalisasi juga terus berlangsung pada sejumlah desa. Dinas Pertanian setidaknya telah menyiapkan tiga komoditas mulai dari jagung, cabai hingga talas. “Habis jagung, cabai lalu menyusul talas. Ini agar lahan petani tidak menganggur selama penanaman kakao baru dan setiap waktu ada yang bisa dipanen,” tandas Samsu Ridjal. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top