Pariwara
Wakatobi

Dishub Wakatobi Target Pelabuhan Feri Kaledupa Tuntas 2020

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
PELABUHAN : Kadis Perhubungan Wakatobi, Hariadin (tengah) saat memantau pekerjaan pelabuhan penyeberangan feri di Desa Ollo Kecamatan Kaledupa.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah peletakan batu pertama pada Mei lalu, pembangunan pelabuhan penyeberangan feri Kaledupa, mulai dilakukan. Tahap pertama tak lama lagi akan tuntas dengan menyerap anggaran Rp 5 miliar lebih. Ditargetkan, pelabuhan tersebut harus beroperasi pada tahun 2020 mendatang. Sebelumnya, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah XVIII Provinsi Sultra, Supriyo Adi Pracoyo, saat peletakan batu pertama mengatakan, untuk tahap kedua kegiatan lanjutan pematangan area lahan dan laut, dialokasikan dana Rp 30 miliar. Sayangnya nominal tersebut kemungkinan berbeda dengan realisasi yang ada.

Sebab Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi, Hariadin, mengaku mendapat informasi jika anggaran yang akan dikucurkan pada tahap kedua ini hanya sebesar Rp 15 miliar lebih. “Kita sudah bicara juga dengan kepala balainya. Menurut saya ini masih kurang,” ungkapnya. Mantan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Wakatobi ini mengaku, dalam waktu dekat ia akan melakukan koordinasi lagi dengan pihak terkait. “Karena kalau target kita tahun 2020 selesai dan tahun 2019 anggarannya hanya Rp 15 miliar lebih, saya perkiraan tidak akan selesai,” tambahnya.

Ia memaparkan jika pelabuhan ditarget beroperasi tahun 2020, maka 2019 mendatang seharusnya sudah tuntas dikerjakan. “Makanya kita berharap pada tahap kedua ini anggarannya lebih dari itu. Kalau kita mau besok sudah tuntas, tapi biayanya bukan melalui APBD tapi APBN. Jadi tergantung pemerintah pusat,” sambung Hariadin.

Diketahui, 13 Maret lalu, peletakan batu pertama pelabuhan penyeberangan dilakukan langsung Bupati Wakatobi, H. Arhawi di Desa Ollo, Kecamatan Kaledupa. Selain Kaledupa, Tomia dan Binongko juga akan dibangun infrastruktur penyeberangan serupa. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top