Pariwara
Metro Kendari

500 Maba Unsultra Ikut PKKMB

PKKMB : Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (kanan) saat menyematkan almamater kepada perwakilan Maba, menandai resminya para Maba menjadi bagian dari Unsultra, Selasa (4/9). FOTO: AGUS SETIAWAN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — 500 orang mahasiswa baru (Maba) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan itu dalam rangka menyiapkan Maba melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Sekaligus mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric menjelaskan, PKKMD ini nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaaan, cinta tanah air dan bela negara. “Selain itu Maba dapat mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi,” ujarnya saat membuka PKKMD di Hotel Srikandi, Kendari, Selasa (4/9).

PKKMB juga menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0. Revolusi itu menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanuasiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21.

“Kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaboratif, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta melek digital,” tutur Prof. Andi Bahrun.

Oleh karena itu, implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika dan hukum. Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) itu berharap, kegiatan ini dapat membantu Maba dalam memahami dan mengenali organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.

“Memahami arti penting pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya,” tandasnya. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top