Pariwara
Metro Kendari

Terkait Usulan Pencairan BOS Triwulan III, Dikmudora Kendari Tunggu Instruksi Dikbud

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan III kini memasuki bulan terakhir, terhitung Juli hingga September. Namun hingga saat ini, dana BOS tersebut belum sampai ke rekening sekolah sebagai pengguna anggaran.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita tak menampik adanya keterlambatan itu. Ia enggan menanggapi penyebab keterlambatan. Karena pengelola anggaran BOS menjadi domain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra. “Terlambat atau tidak, itu provinsi yang tahu. Jadi kapan itu cair, kita juga tidak tahu,” ujar Sartini Sarita saat ditemui, Senin (4/9).

Dikmudora Kota Kendari menurut Sartini Sarita hanya menunggu instruksi dari Dikbud Sultra terkait pengusulan pencairan dana BOS triwulan III. Yang pasti, seluruh kepala sekolah lingkup Dikmudora sudah diminta menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Utamanya soal laporan penggunaan dana BOS triwulan sebelumnya.

“Kita menunggu untuk mengusulkan pencairan. Persiapan kita dengan mewajibkan kepala sekolah penerima dana BOS untuk menyiapkan data siswa, Dapodik, dan laporan dana BOS triwulan sebelumnya. Laporannya disesuaikan RKA, digunakan apa saja dananya. Sudah kita sampaikan ke semua kepala sekolah,” ungkap Sartini Sarita.

Alokasi dana BOS itu kata dia, yakni untuk gaji guru honorer atau guru kontrak, belanja barang dan jasa dan belanja aset. Terkait jumlah dana BOS yang akan diterima di triwulan III ini, Sartini mengaku tak bisa menebak. Sebab itu tergantung penginputan Dapodik siswa oleh setiap sekolah. “Kalau triwulan II kemarin yang saya ingat ada Rp 6 miliar. Triwulan III ini belum tahu,” pungkasnya.

Sementara itu, Manajer dana BOS Dinas Dikbud Sultra, La Samahu mengatakan belum memastikan kapan pencairan. “Saat ini kami masih mengikuti rapat koordinasi terkait dana BOS triwulan III,” ujar La Samahu saat dikonfirmasi. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top