Pariwara
Politik

Tak Diindahkan, Bawaslu Kendari Ancam Lakukan Tindakan

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari mewanti-wanti partai politik (Parpol) maupun bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk tidak melakukan kampanye diluar jadwal. Kekhawatiran Bawaslu cukup beralasan dengan munculnya baliho yang memuat calon maupun Parpol yang akan berkompetisi di pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019.

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan pemasangan alat peraga kampanye (APK) di luar jadwal kampanye merupakan pelanggaran. Bila merujuk pada PKPU 23 Tahun 2018, Bawaslu berhak melakukan teguran. Namun tetap diawali dengan surat teguran lisan yang disampaikan melalui LO Parpol.

“Kami berhak melakukan teguran. Jika tidak diindahkan, kami akan berkoordinasi dengan satpol PP untuk melakukan penertiban. Waktu yang diberikan hanya satu kali 24 jam,” tegas Sahinuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/9).

Dari hasil pemantuan, pihaknya menemukan beberapa Bacaleg yang mulai memasang baliho. Namun sejauh ini, belum ada baliho yang mengandung konten kampanye. Sebab tidak ada nada ajakan, lambang Parpol, nomor urut atau mengatasnamakan sebagai calon. Makanya, tidak alasan bagi Bawaslu melakukan penertiban.

“Kalau sudah mencitra dirinya sebagai Caleg baru bisa dikatakan kampanye. Dalam aturan, ada beberapa hal yang dinyatakan kampanye yakni, pemasangan logo parpol, nomor parpol, menyertakan dapilnya. Jika seperti ini pasti akan kami tegur,” tegasnya.

Sesuai aturan, APK tidak boleh dipasang sebelum masa kampanye dimulai. Bila dilakukan, bisa dikenakan sanksi sebab dianggap mencuri start kampanye. Dalam melakukan tindakan, Bawaslu tetap mengedepankan pendekatan persuasif.

“Kami meminta Parpol maupun Bacaleg patuh pada aturan. Andaikan ada yang memasang, kami akan meminta Parpol yang menertibkan sendiri. Namun jika tidak diindahkan, kami akan copot paksa,” tandasnya. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top