Pariwara
Metro Kendari

Menilik Cara Kerja AirNav Kendari Mengatur Lalu Lintas Penerbangan, Kerja Profesional, Pesawat Zero Insiden

Sementara rekan se timnya, Aviriadhi juga terlihat sibuk memantau pergerakan pesawat. Dari komputer di hadapannya, seluruh pergerakan pesawat lengkap dengan identitas pesawat itu bisa terlihat. Sehingga mudah bagi mereka untuk turut menjaga kedaulatan udara NKRI. “Jadi di sini, semua pesawat diperlakukan sama. Pesawat milik TNI, kebetulan tadi Herkules baru terbang, itu sama tetap melalui kami. Kecuali itu RI yang mendapat pelayanan khusus, saat mendarat misalnya 30 menit sebelum dan sesudah berangkat itu tidak boleh ada penerbangan lain dari sini. Jarak di udara dengan pesawat lain juga dua kali lipat dengan pesawat biasa,” paparnya.

Untuk diketahui, Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia. Badan Usaha Milik Negara yang didirikan 13 September 2012 dan resmi beroperasi pada 16 Januari 2013. Tugasnya menjaga keselamatan penerbangan. Makanya, ada motto kerja I-SAFE yang prinsip pengejahwantahan visi dan missi BUMN itu. I-SAFE akronim dari Integrity yang artinya mengutamakan kebenaran dan etika tinggi dalam pergaulan bisnis. Solidarity artinya mengutamakan kebersamaan dan kerja sama tim. Accountability atau berani memperjuangkan kebenaran, kejujuran dan tanggung jawab. Focus on Safety yaitu mengutamakan keselamatan, dan terakhir yaitu kata Excellent service yakni selalu memberikan pelayanan terbaik.

Dalam menjalankan peran-peran itu, AirNav terus memaksimalkan koordinasi dengan pihak terkait seperti bandara, Lanud, Badan Meteorologi dan pihak lainnya. Misalnya, ada agenda penambahan fasilitas airpot seperti landasan maka keterlibatan AirNav juga sangat penting dalam hal pemasangan alat dan rambu-rambu pendaratan. Sebab, kualitas landasan dan panjang landasan harus diketahui AirNav sebagai modal untuk menentukan jenis pesawat yang bisa beroperasi di bandara. (b/*)

3 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top