Pariwara
Politik

Masyarakat Diminta Tanggapi DPT Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Daftar pemilih tetap (DPT) Muna Barat (Mubar) Pemilu 2019 telah ditetapkan. Kendati demikian, proses pemutakhiran data pemilih masih terus berlangsung. Untuk memvalidkan data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mubar kembali mengumumkan DPT.

Komisioner KPUD Mubar, Alirun Asa mengimbau masyarakat ikut mencermati DPT yang diumumkan. Tidak hanya untuk memastikan keberadaan mereka, namun juga memberi masukan terhadap data pemilih. Untuk memudahkan masyarakat, pengumuman DPT telah ditempel di kantor desa/kelurahan serta tempat yang mudah dijangkau publik.

“Sejak tanggal 28 Agustus lalu, DPT-nya telah kita umumkan. Kami mohon kirinya DPT ditanggapi masyarakat. Masukan dan tanggapan masyarakat akan sangat membantu penyelenggara dalam memvalidasi data pemilih,” ujar Koordinator Divisi Perencanaan Data, SDM dan Organisasi KPUD Mubar saat dihubungi, Senin (3/9) malam.

Warga yang belum sempat terdaftar sambungnya, tidak perlu khawatir. Mereka tetap bisa diakomodir dalam daftar pemilih khusus (DPK). Syaratnya, mereka tinggal melaporkan diri ke panitia pemungutan suara (PPS). Nantinya mereka akan didat.

Demikian halnya pemilih yang pindah domisili atau tidak bisa memilih di TPS pada hari H. Seperti halnya pemilih DPK, mereka juga harus melaporkan ke PPS. Nantinya warga akan diberikan form model A5. Nantinya, form ini yang menjadi dasar, mereka bisa memilih di TPS lain.

“Pemilih ini yang dimasukan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Pemilih seperti ini biasanya, tengah dinas luar, menjalani perawatan rumah sakit atau tengah di rumah tahanan. Pastinya, kami memberikan ruang bagi wajib pilih yang belum terdaftar menyalurkan suaranya,” pungkasnya. (mal)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top