Pariwara
Politik

Kampanye Belum Dimulai, APK di Konawe Mulai Terpasang

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kendati belum dimulai, alat peraga kampanye (APK) telah terpasang di berbagai sudut Konawe. Padahal masa kampanye baru akan dimulai dalam rentang waktu 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Menyikapi hal itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe meminta seluruh pimpinan partai politik (Parpol) untuk menurunkan baliho maupun APK lainnya yang berbau kampanye.

Komisioner Bawaslu Konawe, Indra Eka Putra mengatakan secara preventif telah meminta Parpol untuk menurunkan APK. Di sisi lain, Bawaslu telah menyampaikan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk menjadwalkan rapat rapat koordinasi (Rakor) terkait hal ini. Rakor yang dihadiri pengurus Parpol dan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) akan membahas tahapan dan jadwal, serta rambu-rambu dan ketentuan agar tidak ada yang melakukan kampanye di luar jadwal sebelum 23 September.

“Kami juga telah memberikan imbauan pada panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk menertibkan dan atau menyurati Parpol tingkat kecamatan, dan Bacaleg agar tidak menyebar APK serampangan, atau harus mengikuti tahapan,” tandas Indra Eka Putra saat ditemui, Senin (3/9).

Desakan penurunan APK ini katanya, harus dilakukan untuk menjaga azas keadilan dan demokrasi. Pasalnya, APK mulai marak terpasang. Ironisnya, teknis pemasangan pun belum pada tahapannya. Oleh karena itulah, Bawaslu meminta pada Parpol peserta pemilu untuk segera menurunkan alat peraga kampaye pemilu yang telah telanjur dipasang sebelum jadwal tahapan kampanye pemilu.

“Sesuai ketentuan pasal 276, kampanye pemilu dilaksanakan tiga hari setelah ditetapkan daftar calon tetap anggota DPR, DPD, DPRA, dan DPRK serta pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres),” jelasnya.

Bawaslu Konawe telah mengirim surat kepada semua parpol peserta pemilu guna menurunkan APK yang telah dipasang sebelum jadwal tahapan kampanye. “Apabila surat permintaan penurunan APK tersebut tidak diindahkan, maka Panwaslu akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, dan Satpol PP, untuk menurunkannya. Untuk selanjutnya dilakukan penertiban berupa penurunan APK, dan disita, akan dikembalikan dengan catatan tidak memasangnya saat belum tiba tahapan,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top