Pariwara
Politik

Jokowi-Ma’ruf Unggul di Pemilih NU, Prabowo-Sandi Raup Suara Muhammadiyah

Jokowi-Ma’ruf – Prabowo-Sandi

KENDARIPOS.CO.ID — Dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno bersaing ketat dalam merebut suara pemilih Islam.

Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono menjelaskan, hasil survei lembaga yang dipimpinnya baru-baru ini menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di pemilih berbasis Nahdatul Ulama (NU) dengan 59 persen, sementara pasangan Prabowo-Sandi 23,3 persen dan yang belum memutuskan sebesar 17,7 persen.

“Keunggulan pasangan Jokowi-Ma’ruf di basis pemilih NU tidak lepas dari posisi Kiai Ma’ruf sebagai kader NU,” katanya dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/9).

Di lain pihak, lanjut Rudi, pasangan Prabowo-Sandi justru unggul di basis pemilih Muhammadiyah dengan 42,7 persen, Jokowi-Ma’ruf 39,9 persen, belum memutuskan sebesar 17,4 persen.

Di kalangan pemilih muslim berbasis Front Pembela Islam (FPI) pun Prabowo-Sandi unggul. Mereka dipilih 67,5 persen responden, sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya dipilih oleh 21,3 persen, sementara itu yang belum memutuskan sebesar 11,2 persen.

Namun demikian, pasangan Jokowi-Ma’ruf kata Rudi unggul di segmen pemilih muslim di luar NU, Muhammadiyah, dan FPI dengan 52,7 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi hanya memperoleh 27,9 persen dan yang belum memutuskan sebanyak 19,4 persen.

Rudi menjelaskan, dari hasil survei mereka, ada 48,8 persen masyarakat muslim Indonesia merasa dekat secara kultural dengan NU, Muhammadiyah sebesar 9,2 persen, FPI sebesar 4,1 persen dan ormas Islam lainnya sebesar 37,9 persen.

Survei yang berlangsung dari tanggal 13 sampai 23 Agustus lalu itu melibatkan 1.200 orang responden yang mewakili 120 desa dari 34 provinsi di Indonesia.

Mereka dipilih dengan metodologi multistage random sampling. Adapun margin error sebesar 2,98 persen serta tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Pengummpulan datanya dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. (fiq)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top