Pariwara
Konawe Kepulauan

DPRD Konkep Tolak Usulan Anggaran Proyek Nipa-nipa

Amran

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) belum bisa memanfaatkan fasilitas Pelabuhan Nipa-nipa di Kecamatan Wawonii Utara. Konstruksi bangunan yang menghabiskan anggaran Rp 3,4 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) 2017 lalu itu bahkan telah merugikan negara, setelah ambruk akhir Februari 2018 lalu. Saat ini bangunan yang berada di Desa Tumburano itu dibiarkan terbengkalai. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep menegaskan, tidak akan menganggarkan kembali proyek miliar itu melalui anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018, maupun APBD reguler 2019 mendatang. Penegasan tersebut disampaikan, Anggota Komisi II DPRD Konkep, Amran.

“Tahun ini, untuk persiapan suntikan dana tindak lanjut pembangunan Pelabuhan Nipa-nipa yang ambruk, tidak akan disetujui jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep tak mampu memperlihatkan hasil audit BPK dan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) oleh Polda Sultra. Termasuk rekomendasi BPK secara tertulis pada wakil rakyat,” tegasnya, Senin (3/9).

Amran berkomitmen, meski nantinya anggota DPRD lain menerima usulan Pemkab, maka ia tetap akan menolak. “Karena saya tahu itu salah. Saya tidak bisa terima kalau tak ada petunjuk dan bukti hasil penyidikan yang menyatakan pembangunan Pelabuhan Nipa-nipa tanpa masalah,” kritik Sekretaris Komisi II DPRD Konkep tersebut. Ia mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara pasti berapa kerugian negara yang ditimbulkan akibat proyek yang dikerjakan PT Roda Indah Perkasa. Namun ia yakin, pasca ambruknya konstruksi pelabuhan itu, pasti ada kerugian. “Warga juga rugi akibat tidak bisa memanfaatkan pelabuhan tersebut. Asas manfaat pelabuhan Nipa-nipa tidak tercapai. Anak TK juga tahu, konstruksi patah dan tidak bisa dipakai. Kalau itu juga dipaksakan, bisa mengancam nyawa warga,” sindir Amran. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top