Pariwara
HEADLINE NEWS

Ali Mazi-Lukman Abunawas Dilantik Besok, Istana Hanya Siapkan 23 Undangan

Pelantikan Ali Mazi-Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Final. Ali Mazi-Lukman Abunawas bakal dilantik di Istana Negara, Rabu (5/8) besok. Waktunya juga sudah detentukan, pukul 10.00 WIB. Hari ini (4/8), undangan pelantikan disebar. Khusus dari Sulawesi Tenggara (Sultra), pihak Istana hanya menyiapkan 23 undangan saja. Mereka adalah kalangan pejabat pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra, Forkompimda dan keluarga Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra terpilih.

Kepastian pelantikan Ali Mazi-Lukman Abunawas dilaksanakan 5 September, termasuk jumlah undangan yang disiapkan disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. Menurutnya, tidak ada yang salah dengan dimajukannya pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih. “Pertimbangannya sesuai dengan Undang-Undang. Jabatan gubernur sebelumnya telah selesai, makanya harus dilakukan pelantikan,” ujar Tjahjo Kumolo saat ditemui usai rapat koordinasi dengan pihak Istana serta sejumlah pejabat Pemprov yang gubernurnya akan dilantik di Jakarta, Senin (3/9).

Dia menjelaskan, pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur Sultra terpilih bersamaan dengan Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Papua, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali dan NTT. Semua daerah itu, masa jabatan kepala daerahnya telah lewat dan saat ini dipimpin oleh Penjabat (Pj). “Daerah ini juga sudah tidak lagi ada masalah seperti gugatan di Mahakamah Konsitusi (MK). Untuk itu, kepala daerah terpilih sudah harus dilakukan pelantikan,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pihaknya telah menghubungi seluruh kepala daerah terpilih yang akan dilantik. Mereka harus mempersiapkan diri mengikuti pelantikan di Istana Negara dan dilantik langsung Presiden Joko Widodo. Usai pelantikan di Istana, lanjut Tjahjo, acara akan dilanjutkan di Kemendagri. Akan ada serah terima jabatan Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK). Tempatnya di Sasana Bhati Praja, Gedung Kemendagri pukul 14.00 WIB. “Semua persiapan pelantikan sudah dirampungkan,” jelasnya.

Tjahjo menambahkan, undangan pelantikan terbatas. Khusus dari daerah, termasuk Sultra hanya disiapkan 23 undangan saja. Mereka dari kalangan pejabat pemprov, anggota Forkopimda dan keluarga keapal daerah yang akan dilantik. “Undangannya terbatas,” ucapnya.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sultra, La Ode Ali Akbar menjelaskan hal serupa. Dia yang mewakili Pemprov Sultra dalam rapat persiapan pelantikan Ali Mazi-Lukman Abunawas membenarkan jika pelantikan digelar 5 September di Istana Negara. “Sesuai hasil rapat koordinasi, pelantikan digelar 5 September. Undangan sudah disiapkan dan besok (hari ini,red) diedarkan,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, pihak Istana Negara hanya menyiapkan 23 undangan saja untuk Pemprov Sultra. Mereka yang diundang adalah Sekda, Kapolda, Kajati, Komandan Korem, Bawaslu, KPU dan Ketua DPRD Sultra. “Ada juga undangan yang ditujukan untuk keluarga gubernur dan wakil gubernur terpilih yang akan dilantik masing-masing 6 undangan,” jelasnya lagi.

Ali Akbar menambahkan, dirinya sudah menghubungi gubernur terpilih terkait undangan yang ditujukan untuk pihak keluarga. “Sudah kami sampaikan. Jadi nanti, pukul 07.30 WIB, Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra terpilih sudah harus berada di Wisma Istana. Nanti pukul 08.15 WIB, menuju Istana Negara untuk melakukan gladi pelantikan. Tepat pukul 10.00 WIB, proses pelantikan dilaksanakan,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sultra terpilih, Ali Mazi saat dihubungi mengaku sudah mengetahui terkait proses pelantikan yang dimajukan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah siap untuk mengikuti proses pelantikan di Istana Negara. “Saya sudah dapat kabar kalau pelantikan dimajukan 5 September,” ujar Ali Mazi saat dihubungi di Jakarta, Senin (3/9). Ia mengaku bersyukur pelantikan dilaksanakan lebih cepat dari jadwal. “Jadi, kita bisa lebih cepat untuk bekerja memenuhi janji politik kepada masyarakat Sultra,” imbuh mantan Ketua Golkar Sultra ini.

Mendapat informasi tentang pelantikan gubernur terpilih dipercepat, Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi langsung terbang ke Kendari, Senin (3/9). Pukul 13.00 WITA, Kepala BPSDM Kemendagri ini langsung menggelar rapat dengan jajaran Pemprov Sultra. Membahas persiapan penyambutan gubernur baru usai pelantikan. Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi.

“dalam rapat tadi (senin,red) disepakati, konsepnya berupa acara Kande-kandea yang dipusatkan di MTQ. Ada 2.000 talang makanan tradisional nanti disiapkan,” kata Kusnadi saat dihubungi, Senin (3/9).

Dalam rapat itu juga lanjut dia, Pj gubernur minta semua OPD mendukung kesuksesan program 100 hari Ali Mazi-Lukman Abunawas. Masih berkaitan dengan hasil rapat, juga disepakati, hari ini (4/8) bakal ada apel bersama seluruh pegawai Pemprov Sultra. “Semua pegawai harus hadir. Karena ini juga momentum perpisahan dengan Pak Pj Gubernur,” tandasnya. (b/yog/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top