Pariwara
Metro Kendari

825.562 Anak di Sultra Sasaran Imunisasi MR

IMUNISASI: Andra Dzaki, seorang murid Sekolah Dasar juga turut mendapatkan vaksin MR saat pencanangan kampanye MR di SMPN 15 Kendari, Senin (3/9). Foto: LM Syuhada RIdzky/Kendari Pos

KENDRIPOS.CO.ID — Penyakit campak Measles Rubella (MR) dinilai menjadi penyebab utama kematian bagi anak di Indonesia. Pemerintah pun melaksanakan imunisasi campak MR dalam skala luas dan masif. Pemprov Sultra juga sudah mencanangkan imunisasi secara resmi di SMPN 15 Kendari, Senin (3/9). Meski imunisasi sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Pj. Sekprov Sultra, Hj. Isma mengatakan target sasaran imunisasi campak MR di Sultra pada 825.562 anak hingga September ini. Imunisasi MR ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan anak terhadap penularan penyakit campak. “Penyelenggaraan imunisasi MR adalah salah satu bentuk mengatasi dampak negatif penyakit. Pemerintah wajib menjamin pemeliharaan kesehatan masyarakat, baik melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif,” ujarnya saat pencanangan imunisasi, Senin (3/9).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengajak para orang tua di Kota Kendari untuk menyukseskan imunisasi Measles Rubella (MR). Imuniasi penyakit campak MR sangat penting untuk pada anak-anak, mengingat campak dapat mengakibatkan kecacatan, bahkan kematian. “Olehnya itu melalui pencanangan imunisasi MR ini, saya harapkan para orang tua untuk membawa anaknya untuk di imunisasi,” ajak Sulkarnain Kadir saat menyampaikan sambutannya dalam pencanangan imunisasi MR.

Pasangan Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra itu menambahkan tahun 2017 terdapat 97 kasus suspect campak MR dan berdasarkan konfirmasi laboratorium 44 positif campak dan 15 positif rubella.
“Ini menjadi tugas kita semua untuk mencegah penyakit campak MR ini. Saat ini baru sekira 26 persen yang menjalankan program MR ini,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Politisi PKS ini menyerukan semua anak-anak Kota Kendari harus mendapatkan imunisasi. Khusus di Kota Kendari, imunisasi sudah dilakukan sejak Agustus lalu. “Dan akan kami lakukan lagi hingga pertengahan Oktober. Ini dapat dimaksimalkan, agar anak-anak terhindar dari penyakit campak Rubella,” tutur Sulkarnain.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra, Zuhuddin Kasim menjelaskan tahun 2017 sebanyak 298 kasus campak yang ditemukan di Kolaka, Konawe, Muna, Buton, Kendari, Konsel, Wakatobi, Bombana dan Busel.

Sementara itu, Kepala SMPN 15 Kendari, Hj. Saemina sangat mendukung imunisasi MR. Apalagi sekolah itu pernah meraih juara III lomba sekolah sehat tingkat nasional itu. Sebanyak 300-an siswa bersedia di imunisasi. (p1/wan/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top