Pariwara
Buton Utara

Panen Cengkih di Butur Melimpah

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
PANEN : Hasil panen cengkih para petani di Buton Utara tahun ini cukup melimpah. Faktor cuaca yang baik dianggap sebagai salah satu pendukung hingga produksi bertambah.

KENDARIPOS.CO.ID — Petani di Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara (Butur), tersenyum bahagia. Perkebunan cengkih mereka berbuah lebat dan melimpah tahun ini. Produksinya mencapai ratusan ton. “Hasil panen perkebunan cengkih tahun ini melimpah. Kurang lebih luas tanaman yang berproduksi berkisar 800 hektare dan menghasilkan ratusan ton khususnya di Kecamatan Kulisusu Utara,” ujar Kadis Pertanian Buton Utara, Ir. Yusuf, akhir pekan lalu.

Mantan Camat Kambowa itu menambahkan, harga cengkih di pasaran cukup stabil, berkisar Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu tiap kilogram. Dengan begitu, petani bisa merasakan keuntungan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. “Bantuan untuk bibit cengkih tahun ini belum kita programkan. Baru bibit lada di Desa Pebaoa,” akunya.

Yusuf mengimbau masyarakat untuk terus membuka lahan baru dalam menanam cengkih. Untuk pemilihan bibit harus unggul. Sebagai bentuk perhatian, pemerintah akan membantu pengadaan bibit tersebut untuk petani. “Harus dipahami, mengambil bibit cengkih itu harus buah dari pohon yang sudah berumur. Bukan yang baru lima tahun pohonnya berbuah, kemudian dijadikan bibit. Itu tidak akan produksi dengan bagus,” terangnya.

Mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Butur itu menuturkan, melimpahnya hasil panen petani disebabkan kondisi cuaca cukup mendukung. “Curah hujan berkurang bertepatan dengan musim berbuah cengkeh. Sehingga tak diserang hama penyakit,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top