Pariwara
Edukasi

Dosen Cranfield Unversity Belajar Biochar di UHO

Dokumen Pribadi
Dosen Cranfield University, Dr. Ruben Sakrabani (tengah) saat mendengarkan langsung pemaparan Guru Besar Fakultas Pertanian (Faperta) UHO, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric (kanan) terkait Biochar di lahan penelitian Faperta UHO, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya di dalam negeri, kiprah Universitas Halu Oleo (UHO) pun sampai di luar negeri. Terbukti belum lama ini, seorang dosen asal Inggris, Dr. Ruben Sakrabani, datang ke kampus yang dipimpin Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., tersebut.

Dr Ruben yang merupakan salah satu dosen di Cranfield University Inggris ini, bersama salah seorang mahasiswanya. Kedatangannya diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric. Katanya, kehadiran Dr. Ruben Sakrabani tanggal 24 Agustus lalu berawal saat dosen asal Inggris itu menemukan jurnal Internasional mengenai biochar miliknya. “Semua berawal saat Dr. Ruben menemukan tulisan saya di jurnal Internasioanal tentang biochar pada tanaman kakao. Kemudian dia menghubungi saya dan akhirnya datang untuk melihat biochar tersebut. Tentunya ini menjadi kesempatan yang baik bagi kita,” ujar Prof Andi Bahrun saat dihubungi via selulernya, Minggu (2/9).

Guru besar di Faperta ini, menyampaikan bahwa melalui hasil penelitiannya terkait biochar, bisa memperbaiki kesuburan tanah, menghemat penggunaan pupuk utamanya nitrogen. Selain itu lanjutnya, biochar juga bisa memperbaiki pertumbuhan tanaman, bahkan bisa meningkatkan produksi, seperti tanaman kakao.

“Biochar ini adalah hasil penelitian saya, semoga biochar bisa menjadi solusi dalam mengembangkan kakao di Sultra. Kebetulan Sultra di percayakan untuk menyelenggarakan program dari Kemenristekdikti yakni sebagai klaster inovasi produk unggulan daerah khususnya kakao. Oleh karena itu, kedatangan mereka kita manfaatkan untuk menyampaikan pengamalamannya tentang survei masalah tanah. Terutama masalah dinamika bahan organik di tanaman kakao,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top