Pariwara
Kolaka Utara

Dinsos Kolut Usul Dua Desa Terima Dana Keserasian Kemensos

Munawar Halil

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2018 ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengajukan Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua dan Mikuasi di Pakue untuk mendapatkan jatah program keserasian sosial. Rencana tersebut sementara dibicarakan pada tingkat desa terkait kegiatan apa yang bisa dikucurkan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk dimanfaatkan.

Kadis Sosial Kolut, Hasrat melalui Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial, Munawar Halil, menjelaskan, pengusulan tersebut untuk yang kedua kalinya. 2017 lalu di Desa Ngapa mendapat bantuan pendanaan sebesar Rp 109 juta. “Program baru. Karena wilayah kita rawan konflik. Kedua desa sementara membicarakan kegiatan apa yang bisa direalisasikan,” jelas Munawar Halil, akhir pekan lalu.

Program itu sendiri lebih pada bagaimana mencegah kemungkinan konflik di lapangan, baik berupa nonfisik atau fisik. Misalkan, dalam satu desa kerap terjadi perselisihan dalam sebuah ajang kompetisi, maka dapat dimediasi melalui program pertemuan mencari solusi. Sementara program fisik meliputi pembuatan sanitasi, drainase termasuk rehab masjid. “Dana desa memang ada, namun ini dipersiapkan dalam kebutuhan mendesak yang luput dari perhatian pemerintah,” tuturnya.

Menurut Munawar Halil, program keserasian sosial merupakan formula yang dapat meredam terjadinya konflik di masyarakat dalam mewujudkan hidup berdampingan secara damai dan rukun. Hakikat program ini bagaimana membangun kerja sama antar masyarakat secara bergotong royong. “Berbasis masyarakat dan patut kita syukuri. Tinggal dilihat saja mana yang bisa mendapat jatah berikut,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top