Pariwara
Edukasi

Dosen STIE 66 Teliti Pengamalan Nilai Islam Dalam Usaha.

Dokumen Pribadi
Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Dr. H. Mahmuddin AS, M.Si., (kanan) saat melaksanakan penelitian pengamalan nilai Islam dalam usaha, di Kota Baubau beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamalan nilai Islam dalam usaha, rupanya sangat berpengaruh atas keberhasilan dan keberlangsungan usaha seseorang. Hal ini diungkapkan Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Dr. H. Mahmuddin AS., M.Si., yang telah melakukan meneliti kegiatan pengamalan nilai Islam ini, selama 8 bulan terhitung sejak Maret sampai November tahun 2016 pada dua daerah, yakni Kendari dan Baubau dengan melibatkan 150 pelaku usaha.

Hasilnya, Mahmuddin menemukan jawaban atas pengamalan nilai Islam tersebut. Ternyata keberlanjutan usaha dan perbaikan kinerja usaha, sangat dipengaruhi oleh pengamalan nilai-nilai Islam. “Nilai Islam adalah sebuah nilai yang akan memberikan kekuatan kepada pelaku usaha secara rohaniah, yang didalamnya itu mengandung nilai ilahiah dan etik insani,” terangnya.

Lanjut dia, nilai Islam itu bersumber dari silaturahmi, dimana para pelaku usaha ini menjalin hubungan yang baik dengan konsumennya atau pelanggannya, pemasok kemudian dengan para pesaingnya. “Nah, yang ditimbulkan dari nilai silaturahmi ini adalah kejujuran. Dalam artian pengusaha dalam berkomunikasi tidak ada kebohongan didalamnya atau mengatakan sesuatu dengan sebenarnya, harus ada nilai penghargaan didalamnya, kemudian harus ada unsur tidak membeda-bedakan,” bebernya.

Ia menambahkan, silaturahmi adalah nilai Islam yang sesungguhnya. Jika nilai ini tertanam dalam diri dan diamalkan dalam diri pengusaha, itulah yang akan mengoptimalkan kinerja dari pelaku usaha, sekaligus bisa menjamin kerberlangsungan usaha. Selain itu, pengamalan nilai Islam dalam usaha juga harus dibarengi dengan dukungan dari pemerintah, “Kebijakan pemerintah akan menguatkan lembaga usaha, baik itu terkait akses modal, penyederhanaan perizinan, kemudian bantuan manajemen usaha,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top