Pariwara
Buton Utara

Budi Daya Ayam Petelur Lelamo di Butur Berhasil

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
PANEN : Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir. Yusuf (kiri) memanen telur ayam ras di Desa Lelamo, Kecamatan Kulisusu Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah gagal dengan program budi daya ayam kampung karena terjangkit penyakit, pihak Dinas Pertanian Buton Utara (Butur) dapat tersenyum melihat keberhasilan peternak ayam ras petelur di Desa Lelamo, Kecamatan Kulisusu Utara. Dalam sehari, para peternak bisa menghasilkan ratusan butir telur untuk menyuplai kebutuhan masyarakat. Pihak Dinas Pertanian mengapresiasi kelompok yang sukses tersebut.

Pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu berjanji akan menambahkan jumlah bantuan ayam ras peterlur di Lelamo, sehingga menjadi desa penghasil ayam ras petelur terbesar di daerah berjuluk Lipu Tinadeokono Sara. “Jumlah ayam ras petelur yang telah produksi sebanyak 920 ekor. Dalam sehari menghasilkan 22 rak telur dijual dipasar dengan harga Rp 47 ribu sampai Rp 50 ribu. Estimasinya menghasilkan Rp 1 juta lebih dalam sehari. Program ayam ras petelur berjalan sukses dan akan terus dikembangkan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Buton Utara, Ir. Yusuf disela-sela memanen telur ayam ras petelur di Desa Lelemo.

Jika budi daya peternakan ayam ras petelur terus berproduksi dan berkembang, maka mantan Camat Kambowa itu berjanji akan menambah jumlah bantuan ayam ras petelur. “Terkait kebutuhan air, kita programkan sumur bor. Termasuk pakannya, kita suplai sebagai bentuk dukungan pemerintah bagi peternak,” janjinya. Yusuf menambahkan, pihaknya terus melakukan berbagai cara untuk menyukseskan berbagai program demi meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Buton Utara. “Saya juga akan ke Kementerian Pertanian untuk mengurus bantuan sapi sebanyak 200 ekor,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top