Pariwara
Politik

Usulan Penguduran Diri Empat ASN Belum Tuntas

KENDARIPOS.CO.ID — Sebelum ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT), bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) harus mengantongi surat keputusan (SK) pemberhentian. Sesuai tahapan, penyerahan SK pemberhentian paling lambat diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) tanggal 20 September atau sehari setelah penetapan DCT.

Komisioner KPUD Koltim, Adly Yusuf Saepi mengingatkan Bacaleg yang berstatus ASN segera menyerahkan SK pemberhentiannya. Sebab SK tersebut menjadi syarat untuk bisa ditetapkan sebagai DCT. Jika tidak diserahkan, keikutsertaan mereka pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) akan terhenti. Sebab namanya akan dicoret dalam DCT.

“Kalau bisa, harus diurus secepatnya. Sebab hal ini bisa menggagalkan mereka ikut berkompetisi pada Pemilu 2019. Untuk mempercepat prosesnya, saya berharap Parpol pengusung turut mendorong. Dengan begitu, SK-nya bisa diterbitkan sebelum DCT ditetapkan,” imbau Koordiantor Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Koltim saat dikonfirmasi Jumat (31/8).

Di temui terpisah, Kepala Dinas Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (DKPSDM Koltim, Murtini Balaka mengaku telah menerima surat permohonan diri empat ASN. Dua diantaranya menduduki jabatan eselon II, satu eselon III (Camat) dan seorang lainnya staf. “Permohonan mereka sudah masuk. Saat ini, masih dalam proses untuk diberikan SK pemberhentian,” jelasnya.

Mantan Kabid Pengadaan dan Mutasi Kepegawaian BKD Sultra mengatakan surat pengunduran diri mereka telah diteruskan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) regional Makasar dan Bupati Koltim. Saat ini, pihaknya tengah menunggu putusan BKN. Sebab BKN masih akan menyesuaikan SK pengabdian mereka selama menjadi ASN.

“Jadi BKN harus memastikan apakah yang bersangkutan berhak menerima pensiun atau tidak. Yang pastinya, kami akan usahakan sebelum penetapan DCT SK-nya sudah kelar,” jelasnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top