Pariwara
Metro Kendari

Serapan Anggaran Pemkot Kendari Capai 50 Persen

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Serapan anggaran di Pemkot Kendari mencapai tren 50 persen. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun diimbau untuk meningkatkan serapannya sebab menjelang akhir tahun akan banyak kegiatan yang dilakukan. Selain mengebut realisasi program, asistensi kegiatan tahun 2019 dan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 akan dilakukan.

“Menjelang akhir tahun anggaran, memang kita lagi sibuk-sibuknya. Ada pembahasan APBD Perubahan, APBD tahun 2019. Itu belum termasuk penyusunan LKPD. Makanya OPD harus mempercepat gerakannya,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti, Jumat (31/8).

Susanti memprediksi serapan anggaran saat ini mencapai tren 50 persen. Jika menggunakan standar anggaran APBD induk memangprogres serapan terbilang lamban. Namun setelah disesuaikan dengan komposisi rasional maka serapannya sudah on target. “Kalau nilainya APBD induk memang jauh, tapi setelah dirasionalisasi maka sudah sesuai target,” ujarnya.

Secara angka, tren 50 persen serapan anggaran itu memang baru setengah, sementara saat ini sudah memasuki triwulan ketiga. Akan tetapi realisasi kegiatan sudah lebih dari angka itu. “Kita kan selalu begitu. Kegiatan berjalan, kontraktornya baru mengurus pencairan. Tapi akhir tahun begini cepat serapan anggaran, beda dengan triwulan pertama dan kedua,” jelas Susanti. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top