Pariwara
Edukasi

UMK Kendari Helat PPUPIK

Agus Setiawan/Kendari Pos
Ketua PPUPIK Sultra tahun 2018, yang juga dosen Agribisnis Universitas Muhammadiyah, Hartati (kedua kanan) bersama tim, usai melaksanakan seminar hasil dan monev Program Pengabdian Masyarakat beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI untuk mengelola Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) tahun 2018. “Alhamdulillah, tahun ini, UMK merupakan satu-satunya Universitas di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipercaya Ristek Dikti untuk mengelola PPUPIK, yang bertemakan Pusat Wisata Integrasi Agribisnis Darat, Laut dan Udara (WIA DLU) yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan di Sultra,” ungkap Dosen Agribisnis UMK, Hartati, Kamis (30/1).

Lanjut dia, PPUPIK merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat Ristek Dikti, yang bertujuan untuk membudayakan kewirausahaan di Tingkat Pergurun Tinggi. PPUPIK kali ini dilaksanakan didua daerah, yakni di Kota Kendari tepatnya di Kelurahan Lapulu, dan Konawe Selatan di Kecamatan Konda dan Kecamatan Tinanggea.

“Kegiatan kewirausahaan mempunyai efek ganda yang dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, menambah penghasilan Negara dari pajak, membangun kekuatan Ekonomi Bangsa, membangun semangat berkompetensi, menciptakan generasi yang kuat dan tahan terhadap risiko dan membangun generasi yang produktif, no konsumtif,” terangnya.

Hartati menambahkan, berdasarkan data dari Kementrian Koperasi, bahwa Indonesia telah mencapai jumlah pelaku wirausaha 3,1 persen dari jumlah penduduknya. “Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia telah melampaui angkat 2 persen sebagai standar jumlah wirausaha minimal suatu Negara,” tambahnya.

Namun kita tak boleh merasa puas untuk terus mendorong peningkatan jumlah pelaku usaha di Indonesia, kata Hartati, karena jumlah pelaku usaha di beberapa Negara masih lebih tinggi dari jumlah pelaku usaha di Indonesia, demikian pula jika dibandingkan dengan Negara maju yang menetapkan minimal 14% jumlah pelaku usahanya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top