Pariwara
Edukasi

Tim KKN Tematik Dosen FKIP Olah Limbah Tempurung Kelapa

Dokumen Pribadi
Ketgam: Foto bersama Tim KKN Tematik Dosen FKIP UHO, usai melaksanakan pelatihan pemanfaatan tempurung kelapa yang berlangsung di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Limbah tempurung kelapa yang terbuang percuma di RT 1 Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia, dibiarkan begitu saja warga setempat. Bila terus diabaikan, hal itu tentu berpotensi mengganggu kualitas lingkungan. Menyadari hal ini, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) yang terdiri dari Damhuri, S.Pd., M.P., Mohamad Salam, S.Pd., M.Si., Dr. H. Mursidin, M.Pd., dan Dr. Mustamin Anggo, M.Si., serta 15 mahasiswa KKN Tematik, melaksanakan pelatihan pemanfaatan tempurung kelapa di Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia.

Pelatihan ini sudah berlangsung sejak tanggal 13 sampai dengan 18 Agustus 2018, dimana tim memberikan pelatihan dalam pemanfaatan tempurung kelapa sebagai bahan baku arang aktif untuk menunjang ekonomi keluarga kepada masyarakat yang ada di RT 01 Kelurahan Anduonohu. Selain itu, juga dapat mengurangi keberadaan limbah di lingkungan tersebut.

Kegiatan pengabdian ini juga memfasilitasi terbentuknya kelompok masyarakat yang mengumpulkan dan mengolah limbah tempurung kelapa baik sebagai bahan arang aktif maupun sebagai asap cair. Tempurung kelapa dapat dijadikan bahan baku untuk arang aktif (activated charcoal). Perlu diketahui, Arang aktif berperan sebagai penyerap cairan beracun, gas beracun, bau busuk, penjernih air, pemutih gigi, membersihkan kulit, penurun kolesterol, obat diare. Arang aktif dari tempurung kelapa yang sudah jadi setiap kilogram dapat dijual dengan harga Rp 25.000.

Pelatihan ini terlaksana atas kerja sama tim pengabdian FKIP UHO dengan pihak Kelurahan Anduonohu dan seluruh jajarannya khususnya pihak RT 01 di Kelurahan Anduonohu. Ketua RT 01 Kelurahan Anduonohu La Ode Firuma mengatakan, kegiatan tersebut akan terus dilanjutkan oleh kelompok masyarakat yang terbentuk saat pelatihan, ” Kegiatan ini sangat besar manfaatnya, dan juga bisa menghimpun warga yang tidak memiliki pekerjaan,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan yang dilaksanakan pihak UHO bisa membantu dalam pembinaan anggota kelompok yang sudah terbentu, “Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut, dalam rangka meningkatkatkan kesejahteraan warga. Utamanya yang berada di RT 01 Kelurahan Anduonohu,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top