Pariwara
Politik

Kampanye di Medsos, Bawaslu Layangkan Surat Peringatan

Nur Rahmat

KENDARIPOS.CO.ID — Ajakan untuk memilih calon atau partai politik (Parpol) tertentu cukup banyak bertebaran di media sosial (Medsos). Padahal masa kampanye baru akan dimulai tanggal 23 September atau tiga hari setelah penetapan daftar calon tetap (DCT).

Komisioner Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Kepulauan (Konkep) mengakui beberapa oknum bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) sudah mulai melakukan kampanye di Medsos. Atas temuan itu, pihaknya telah melayangkan surat peringatan tertulis. Sejauh ini, telah dipatuhi. Namun bila ditemukan kembali, Bawaslu akan melakukan tindakan tegas.

“Tahapan kampanye baru akan dimulai pada 23 September sampai 13 April 2019 sebagaimana PKPU nomor 5 tentang perubahan PKPU nomor 7 tahun 2017. Jadi bila dilakukan di luar jadwal, maka ada konsekuensinya sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 23 tahun 2018,” ujar Nur Rahmat, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/8).

Tidak hanya turun memantau ke lapangan, Medsos turut menjadi perhatian Bawaslu. Untuk itulah, ia mewanti-wanti Bacaleg maupun Parpol untuk coba-coba melakukan kampanye. Sebab apa yang dilakukan telah masuk kategori pelanggaran.

“Saya menghimbau Parpol maupun Bacaleg lebih bijak menggunakan Medsos. Untuk menjaga azas keadilan dan demokrasi, semua pihak harus bisa menahan diri. Makanya, Bacaleg maupun Parpol harus lebih hati-hati memanfaatkan Medsos,” ujar Koordinator Divisi Hukum Pelanggaran dan Penindakan.

Untuk mengantisipasi hal ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Tidak hanya menghimbau, namun juga melakukan kegiatan sosialisasi, pertemuan terbatas hingga melalui pamflet. Sebelum kampanye dimulai, Parpol maupun Bacaleg dilarang memasang alat peraga kampanye (APK), menggelar tatap muka dan menyebar bahan kampanye melalui media cetak, elektronik maupun Medsos. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top