Pariwara
Politik

Bawaslu Konut Perketat Pengawasan Pemilu

Ilustrasi Bawaslu

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai lembaga pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Utara (Konut) terus memantau tahap pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Namun hingga kini, Bawaslu belum menemukan adanya pelanggaran. Tidak hanya pelaksanaan jadwal tahapan, namun juga kerja-kerja penyelenggara di lapangan.

Komisioner Panwas Konut, Burhan mengatakan proses pemutakhiran daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) menjadi DPT belum sama sekali ada temuan yang didapatkan. Sejauh ini, semua temuan Bawaslu telah ditindaklanjuti termasuk pemilih yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Kalau data kemarin memang ada beberapa warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Ada sekitar 1.027, tapi data itu sudah memiliki NIK tapi belum melakukan perekaman. Persoalan itupun sudah akan diselesaikan oleh Disdukcapil,” ujar Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Panwas Kabupaten Konut, Kamis (30/8).

Burhan menambahkan jika proses tahapan yang dilakukan oleh KPUD Konut mulai dari DPSHP dianggap sudah sesuai dengan ketentuan. Pasalnya, pleno terbuka yang dilakukan secara terbuka ditingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan KPUD terhadap DPSHP menuju DPT yang diundang langsung oleh partai politik, Disdukcapil tak ada persoalan.

“Sampai saat ini belum ada temuan yang kami dapatkan dalam proses. Begitupun juga dengan tanggapan dari masyarakat. Artinya semua berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” pungkas Burhan. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top