Pariwara
Bau-bau

Angka Pencari Kerja di Baubau Menurun

Ahmad Barru

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai salah satu kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan ketersediaan sejumlah lapangan kerja, Baubau menjadi daerah tujuan bagi para pencari nafkah. Namun demikian, perbandingan tren pencari kerja pada 2017 lalu dan 2018 di daerah pemilik benteng terluas di dunia itu, menurun. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Ahmad Barru.

“Kendati saat ini baru memasuki akhir Agustus 2018, tetapi persentase perbandingan data pencari kerja dengan 2017 lalu cenderung mengalami penurunan. Data pencari kerja yang kita miliki per Agustus ini baru mencapai 261 jiwa. Sementara untuk total data setahun pencari kerja 2017 silam di Kota Baubau mencapai 789 jiwa,” kata Ahmad Barru saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/8).

Jika melihat kondisi sebelumnya, pada Agustus 2017 jumlah pencari kerja sudah signifikan. Itu karena pada bulan Juni merupakan waktu penamatan sekolah dan wisuda bagi mahasiswa. Sehingga setelah itu akan banyak alumni SMA ataupun mahasiswa yang mengurus kartu kuning (kartu pencari kerja) di Dinas Tenaga Kerja. “Tapi sampai saat ini angkanya masih terbilang rendah. Makanya, kita yakin untuk data pencari kerja di Baubau sampai akhir tahun nanti cenderung menurun dari 2017,” terangnya.

Menurut Ahmad Barru, menurunnya tren pencari kerja di negeri para Sultan itu dipengaruhi dengan banyaknya masyarakat yang merantau ke luar daerah. Kemudian adanya pemekaran daerah tetangga seperti Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah. “Untuk mendapatkan pekerjaan di Baubau sudah cukup sulit karena banyak yang telah terisi. Baik itu swasta maupun mereka yang ingin magang di lembaga pemerintahan. Makanya, anak-anak kita (generasi muda Baubau) lebih memilih ke daerah tetangga yang masih membutuhkan banyak tenaga baru,” ungkapnya. Faktor lainnya, masyarakat lebih memilih merantau ke luar daerah, baik di Maluku maupun tempat lain. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top