Pariwara
Politik

372 Pemilih Difabel Kota Kendari Terdaftar di DPT Pemilu 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 372 pemilih difabel Kota Kendari yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Hal itu dipastikan setelah KPU melakukan pleno beberapa waktu lalu. Mereka dipastikan akan menyalurkan hak konstitusinya, berupa hak suara yang sama dengan masyarakat wajib pilih lainnya.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan pemilih difabel tersebut tersebar di hampir semua TPS atau mencakup semua kecamatan di kota ini. Pemilih berkebutuhan khusus ini didominasi tuna daksa. Selebihnya tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan lainnya.

“Rinciannya, tuna daksa sebanyak 100 orang, tuna netra 83 orang, tuna rungu/wicara ada 82 orang dan tuna grahita 39 orang. Selain itu, masih ada disabilitas lainnya yang berjumlah 68 orang. Sehingga, totalnya mencapai sebanyak 372 orang,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (30/8).

Menurutnya, yang terpenting adalah para difabel bisa menyalurkan hak suaranya tanpa ada intimidasi dari siapapun. Tapi, untuk kelangsungannya bagi pemilih penyandang disabilitas misalnya yang tuna netra dan tak mempunyai tangan bisa didampingi pendamping hingga ke bilik suara untuk mencoblos kertas suara sesuai keinginan pemilih disabilitas. Namun prosesnya disaksikan salah satu anggota KPPS yng ditugaskan ketua KPPS.

Setelah itu, lanjut dia, pendamping menandatangani surat pernyataan yang formatnya disediakan KPU yaitu Form C3-KWK. “Surat pernyataan itu berisi dua hal pokok yakni pertama bahwa pendamping telah mendampingi seseorang dalam proses pencoblosan. Kedua, merahasiakan pilihan pemilih kepada siapapun,” jelasnya.

Untuk memastikan para difabel tersebut mengetahui para kandidat yang berkontestasi maka KPU akan dilakukan sosialisasi. Dengan sosialisasi ini mereka bisa mengenali dan mungkin saja bisa menentukan sikapnya melalui sosialisasi tersebut. “Jadi, nanti akan ada sosialisasi khusus untuk mereka bahkan termasuk untuk meningkatkan partisipasi pemilih difabel,” tandasnya. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top